PENGARUH PEMBERIAN MESENCHYMAL STEM CELLS WHARTON’S JELLY TERHADAP EKSPRESI GEN GLUT-4 PADA TIKUS ALZHEIMER

berlianisa, berlianisa (2022) PENGARUH PEMBERIAN MESENCHYMAL STEM CELLS WHARTON’S JELLY TERHADAP EKSPRESI GEN GLUT-4 PADA TIKUS ALZHEIMER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7. Penutup docx.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Repository staff only)
Bismillah skripsi Berlianisa 2 FIX.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesenchymal Stem Cells Warton’s Jelly (MSC-WJ) merupakan sel punca dengan tingkat proliferasi yang sangat tinggi sehingga akhir-akhir ini dikembangkan menjadi salah satu sumber pengobatan alternatif pada penyakit Alzheimer. Pada otak penderita Alzheimer ditemukan penurunan ekspresi gen Glut-4, suatu transporter glukosa di otak yang terjadi akibat gangguan pensinyalan insulin oleh plak Beta Amyloid. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ekspresi gen Glut-4 pada otak tikus yang mengalami Alzheimer dengan induksi AlCl3, setelah diberikan MSC-WJ. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan the post test only control group design yang menggunakan 18 sampel RNA hewan coba yang dibagi menjadi 3 kelompok (K-, K+,dan P). Nilai rata-rata ekpresi gen Glut-4 didapatkan dari perbandingan gen Glut-4 terhadap gen GAPDH menggunakan metode semikuantitatif dengan ImageJ. Analisis data menggunakan uji One Way ANOVA. Dikatakan bermakna bila nilai p < 0,05. Rata-rata ratio ekspresi gen Glut-4 yang didapatkan pada kelompok K-, K+, P berturut-turut adalah 2,28, 2,82, dan 3,13. Didapatkan tidak ada perbedaan yang bermakna setiap kelompok hewan coba dengan nilai p = 0,099 (p > 0,05). Kesimpulan adalah tidak ditemukan perbedaan ekspresi gen Glut-4 pada otak tikus Alzheimer yang diberikan MSC-WJ dibandingkan yang tidak diberikan MSC-WJ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr.Yuliarni Syafrita,Sp.S(K)
Uncontrolled Keywords: Beta Amyloid, Glut-4, Alumunium klorida (AlCl3), Mesenchymal Stem Cells Wharton’s Jelly (MSC-WJ), Alzheimer
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:12
Last Modified: 27 Jan 2022 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98038

Actions (login required)

View Item View Item