FAKTOR – FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA (TES)

Eldha, Annisa Rafif (2021) FAKTOR – FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA (TES). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Eldha Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Eldha BAB I.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Eldha BAB V.pdf - Published Version

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Eldha Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Version)
ilovepdf_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Shelter adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tujuan evakuasi tsunami. Menurut Undang – Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana berupa penyiapan lokasi evakuasi, salah satu tempat evakuasi vertikal yang telah disiapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah Tempat Evakuasi Sementara (TES). Pemilihan Tempat Evakuasi Sementara (TES) saat terjadi bencana menjadi salah satu perhatian penting dalam mitigasi bencana. Penentuan Tempat Evakuasi Sementara (TES) oleh masyarakat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor aksesibilitas menuju shelter, kondisi shelter, dan pemahaman masyarakat menjadi pokok utama penelitian ini dalam penilaian masyarakat dalam pemilihan Tempat Evakuasi Sementara (TES). Shelter Ulak Karang, Shelter Air Tawar, Shelter Linggar Jati, Shelter Masjid Nurul Haq, dan Shelter Masjid Darussalam yang menjadi objek penelitian ini. Faktor – faktor tersebut dianalisa menggunakan metoda Structural Equation Modeling (SEM). Dalam setiap penilaian akan di analisa seberapa besar dan signifikan setiap faktor – faktor tersebut mempengaruhi pemilihan keputusan masyarakat dalam menentukan Tempat Evakuasi Sementara (TES). Dari sini didapatkan bahwa keseluruhan faktor dalam penelitian ini mempengaruhi 47,3 % keputusan masyarakat dalam memilih Tempat Evakuas Sementara. Faktor aksesibilitas menuju shelter dan pemahaman masyarakat berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat, sedangkan faktor kondisi shelter tidak memepengaruhi signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam pemilihan Tempat Evakuasi Sementara (TES).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yervi Hesna, M.T
Uncontrolled Keywords: Shelter, Tempat Evakuasi Sementara (TES), Keputusan Masyarakat, Faktor, Structural Equation Modeling (SEM)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:55
Last Modified: 02 Feb 2022 03:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97909

Actions (login required)

View Item View Item