PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana SEBAGAI PENGGANTI KONSENTRAT DALAM RANSUM TERHADAP KETERSEDIAAN MINERAL MAKRO (Ca, P, Mg, S) PADA KAMBING PERANAKAN ETAWA MASA PERTUMBUHAN YANG DIBERI HIJAUAN RUMPUT LAPANGAN

Resti, Afriani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana SEBAGAI PENGGANTI KONSENTRAT DALAM RANSUM TERHADAP KETERSEDIAAN MINERAL MAKRO (Ca, P, Mg, S) PADA KAMBING PERANAKAN ETAWA MASA PERTUMBUHAN YANG DIBERI HIJAUAN RUMPUT LAPANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh level pemberian Indigofera zollingeriana terbaik sebagai pengganti konsentrat dalam ransum yang ditinjau dari ketersediaan mineral Kalsium (Ca), Fosfor (P), Magnesium (Mg), dan Sulfur (S) pada kambing Peranakan Etawa. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 4 kelompok sebagai ulangan. Perlakuan yang diuji adalah (P1): 60% rumput lapangan + 10% Indigofera zollingeriana + 30% konsentrat, (P2): 60% rumput lapangan + 20% Indigofera zollingeriana + 20% konsentrat dan (P3): 60% rumput lapangan + 30% Indigofera zollingeriana + 10% konsentrat. Peubah yang diamati adalah ketersediaan mineral Ca, P, Mg dan S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian konsentrat dengan Indigofera zollingeriana memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap ketersediaan mineral Ca, P dan S, tetapi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap ketersediaan mineral Mg. Rataan ketersediaan mineral Ca yaitu berkisar antara 90,81%-92,12%, mineral P antara 75,39%-79,29%, mineral Mg berkisar antara 68,84%-82,55%, dan mineral S antara 95,51%-96,30%. Kesimpulan: penggantian konsentrat dalam ransum dengan Indigofera zollingeriana sampai 30% dapat mempertahankan ketersediaan mineral Kalsium (Ca), Fosfor (P) dan Sulfur (S), tetapi menurunkan ketersediaan mineral Magnesium (Mg). Secara umum, Indigofera zollingeriana dapat digunakan hingga 30% untuk menggantikan konsentrat di dalam ransum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Lili Warly, M. Agr
Uncontrolled Keywords: Indigofera zollingeriana, kambing PE, ketersediaan mineral (Ca, P, Mg dan S)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:13
Last Modified: 26 Jan 2022 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97851

Actions (login required)

View Item View Item