ANALISIS PRODUKTIVITAS HIJAUAN PADA PASTURA INTEGRASI DENGAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM

Annisa, Adriansyah (2021) ANALISIS PRODUKTIVITAS HIJAUAN PADA PASTURA INTEGRASI DENGAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT DI KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi hijauan dan kapasitas tampung pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Penelitian dilaksanakan pada 3 Nagari di Kecamatan Lubuk Basung yaitu, Nagari Lubuk Basung, Nagari Kampung Tangah dan Nagari Manggopoh. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan observasi langsung di lapangan. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang disajikan secara deskriptif. Proses pengambilan sampel menggunakan kuadran berukuran 1x1m dan memperoleh 36 titik setiap nagari. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah identifikasi jenis hijauan, komposisi botani, produksi hijauan dan kapasitas tampung. Hasil penelitian diperoleh 3 jenis rumput, 2 jenis legum, dan 16 jenis gulma pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung. Proporsi komposisi botani pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung yaitu rumput 9,6%, leguminosa 0,23% dan gulma 90,18%. Rataan produksi hijauan segar pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung yaitu 1,5 ton/ha. Produksi bahan kering hijauan pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung 0,34 ton/ha. Kapasitas tampung pada perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung adalah 0,18 ST/ha/tahun. Secara alami, perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam belum potensial dijadikan sebagai sumber hijauan pakan ternak ruminansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Identifikasi hijauan, Kapasitas tampung, Komposisi botani, Perkebunan kelapa sawit
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:55
Last Modified: 26 Jan 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97844

Actions (login required)

View Item View Item