PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Analisis Dengan Menggunakan Kerangka Kerja United Nations Global Compact)

SHINTA, MILATINA (2014) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Analisis Dengan Menggunakan Kerangka Kerja United Nations Global Compact). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
ShintaMulatina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini, perusahaan-perusahaan telah mulai menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sosial di mana dia beroperasi. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas CSR yang dilakukan dan diungkapkan oleh banyak perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan; pengaruh masing-masing kelompok pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan; dan kelompok pengungkapan mana yang paling berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini, analisis pengungkapan CSR didasarkan pada pedoman yang ditetapkan oleh United Nations Global Compact. Populasi dalam penelitian ini adalah 136 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Tetapi, hanya 76 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari laporan tahunan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Data tersebut kemudian diproses menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa pengungkapan CSR mempengaruhi nilai perusahaan secara signifikan. Kontribusi terbesar berasal dari pengaruh yang disebabkan oleh pengungkapan CSR di bidang lingkungan. Pengungkapan CSR di bidang lainnya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedaman bagi manajer perusahaan-perusahaan manufaktur untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini juga memberi kontribusi dalam pengetahuan dan aplikasi dari Akuntansi Manajemen dan Keuangan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, United Nations Global Compact, Hak Asasi Manusia, Tenaga Kerja, Lingkungan, Anti Korupsi, dan Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 28 May 2016 03:39
Last Modified: 28 May 2016 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item