PENENTUAN KEMAMPUAN INHIBITOR ENZIM α-AMILASE DAN α-GLUKOSIDASE SENYAWA-SENYAWA DARI Spirulina platensis SEBAGAI ANTIDIABETES DENGAN SIMULASI DOCKING

Adetya, Putri (2022) PENENTUAN KEMAMPUAN INHIBITOR ENZIM α-AMILASE DAN α-GLUKOSIDASE SENYAWA-SENYAWA DARI Spirulina platensis SEBAGAI ANTIDIABETES DENGAN SIMULASI DOCKING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes Melitus (DM) Tipe 2 merupakan penyakit dengan gejala hiperglikemia, banyak menyerang orang dewasa dan dengan jumlah kasus yang meningkat setiap harinya pada populasi dunia. Enzim yang berperan terkait DM Tipe 2 yaitu α-amilase dan α-glukosidase, bertindak dalam menghidrolisis pati pada pankreas. Target terapi dalam pengobatan DM Tipe 2 yaitu penurunan reabsorpsi glukosa di usus dengan melakukan penghambatan enzim α-amilase dan α-glukosidase. Dalam beberapa studi, beragam senyawa bioaktif yang terkandung pada ekstrak Spirulina platensis memiliki aktivitas antioksidan dan agen antidiabetes sebagai sumber obat-obatan potensial yang tidak menunjukkan efek samping. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memprediksi potensi senyawa metabolit sekunder dari esktrak S. platensis sebagai inhibitor α-amilase dan α-glukosidase dalam pengembangan desain obat dari bahan alam dengan melihat interaksi yang terjadi antara protein target dengan ligan melalui simulasi docking. Interaksi yang terbentuk serta stabilitas konformasi menjadi perhatian dalam pengamatan ini. Hasil dari pengujian dengan 34 senyawa menunjukkan bahwa dua senyawa uji berpotensi baik sebagai inhibitor enzim α-amilase, dan tiga senyawa uji memiliki aksi paling baik dalam penghambatan α-glukosidase. Aksi penghambatan senyawa uji terhadap α-glukosidase lebih baik dibandingkan dengan penghambatan terhadap α-amilase dengan total afinitas sebesar -188,37 kcal/mol dan -174,07 kcal/mol berturut-turut. Senyawa-senyawa ini mampu menghambat kerja kedua enzim baik secara sinergis maupun individual. Hasil dari aksi penghambatan oleh senyawa uji dibandingkan dengan akarbosa sebagai senyawa pembanding. Untuk menvalidasi hasil simulasi docking diperlukan melakukan penelitian lebih lanjut secara eksperimental pada laboratorium. Kata kunci: DM, α-amilase, α-glukosidase, Spirulina platensis, simulasi docking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. rer. nat. Syafrizayanti
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:00
Last Modified: 25 Jan 2022 05:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97754

Actions (login required)

View Item View Item