APLIKASI PENANDA GENETIK GEN CO1 UNTUK IDENTIFIKASI, DETEKSI VARIASI GENETIK DAN HUBUNGAN KEKERABATAN HARIMAU SUMATERA (Panthera tigris sumatrae)

ASHRIFURRAHMAN, ASHRIFURRAHMAN (2021) APLIKASI PENANDA GENETIK GEN CO1 UNTUK IDENTIFIKASI, DETEKSI VARIASI GENETIK DAN HUBUNGAN KEKERABATAN HARIMAU SUMATERA (Panthera tigris sumatrae). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img] Text (TESIS UTUH)
TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk 1) mengidentifikasi sampel hasil sitaan yang diduga merupakan bagian tubuh harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), 2) menganalisis variasi genetik serta 3) menganalisis hubungan kekerabatan (filogenetik) harimau sumatera dengan subspesies lainnya berdasarkan gen sitokrom oksidase subunit I (CO1) DNA mitokondria. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel-sampel awetan harimau sumatera yang diperoleh dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) yang merupakan sampel sitaan dari kasus perdagangan ilegal di Sumatera Barat serta yang berasal dari individu-individu harimau sumatera yang direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD) sebelum dilepasliarkan kembali. Berdasarkan bagian gen CO1 hasil sekuensing (999 pasang basa) maka dugaan dapat dipastikan benar karena memiliki kesamaan 99.90%-100% dengan sekuen P. t. sumatrae (JF357969.1). Selanjutnya, diperoleh nilai variasi genetik intraspesies P. t. sumatrae yang tergolong rendah yaitu 0-0,4% dan memiliki variasi spesifik diantara sub spesies lainnya dengan dua situs spesifik yaitu pada urutan 121 dan 842. Situs spesifik pada urutan 842 menjadi penanda untuk haplotipe 1 (Hap_1) dan haplotipe 2 (Hap_2). Hap_1 cenderung dimiliki sampel yang berasal dari Riau sedangkan Hap_2 cenderung dimiliki oleh sampel yang berasal dari Sumatera Barat. Harimau sumatera dan subspesies lainnya memiliki hubungan monofiletik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR.DEWI IMELDA ROESMA, M.Si
Uncontrolled Keywords: Gen CO1, identifikasi, filogenetik, variasi genetik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:37
Last Modified: 26 Jan 2022 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97623

Actions (login required)

View Item View Item