EKSPRESI GEN Bcl-2 DAN Bax YANG DIINDUKSI EKSTRAK OVARIUM IKAN BUNTAL (Tetraodon leiurus) DANAU SINGKARAK PADA SEL KANKER PAYUDARA

Monica, Mulnia Hanif (2021) EKSPRESI GEN Bcl-2 DAN Bax YANG DIINDUKSI EKSTRAK OVARIUM IKAN BUNTAL (Tetraodon leiurus) DANAU SINGKARAK PADA SEL KANKER PAYUDARA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah diketahui bahwa ekstrak ovarium ikan buntal (Tetraodon leiurus) Danau Singkarak berpotensi sebagai kemopreverensi pada sel kanker payudara (MCF-7) dan target pengembangan kemopreverensi kanker payudara dengan menghambat ekspresi saluran NaV1.5 dan NHE, menurunkan ekpresi Bcl-2 dan Bcl-XL serta meningkatkan ekspresi Bax. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ekspresi gen Bcl-2 dan Bax yang diinduksi ekstrak ovarium ikan buntal (Tetraodon leiurus) Danau Singkarak pada sel MCF-7 dan menganalisis interaksi ligan STX, neoSTX, dcSTX terhadap reseptor NaV1.5, NHE, Bcl-2, Bcl-XL dan Bax. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen secara in vitro menggunakan sel MCF-7 kontrol dan sel MCF-7 yang diinduksi ekstrak ovarium ikan buntal (Tetraodon leiurus) serta eksperimen secara in silico dengan molecular docking. Diketahui dari hasil uji in vitro bahwa ekspresi gen Bcl-2 mengalami penurunan yang tidak signifikan (p>0.05) sebesar 15% dan ekspresi gen Bax mengalami peningkatan yang signifikan (p<0.05) sebesar 489% dibandingkan kontrol. Uji in silico, ligan STX memiliki interaksi yang lebih stabil terhadap reseptor NaV1.5, Bcl-2, Bcl-XL dan Bax dengan nilai ΔG masing-masingnya sebesar -8.72, -7.32 -6.86 dan -6.31 kkal/mol dibandingkan dengan ligan neoSTX dan dcSTX. Ligan neoSTX memiliki interaksi yang lebih stabil terhadap reseptor NHE dengan nilai ΔG sebesar -7.5 kkal/mol dibandingkan dengan ligan STX dan dcSTX.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Dewi Imelda Roesma, M. Si
Uncontrolled Keywords: Danau Singkarak, Kemopreverensi, Molecular docking, Sel MCF-7
Subjects: Q Science > QL Zoology
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 25 Jan 2022 08:00
Last Modified: 25 Jan 2022 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97620

Actions (login required)

View Item View Item