Kinerja Kantor Pengelolaan Pasar Kota Solok Dalam Penertiban dan Penataan Pedagang

Winda, Puspita Sari (2014) Kinerja Kantor Pengelolaan Pasar Kota Solok Dalam Penertiban dan Penataan Pedagang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Fulltext)
201410241002th_skripsi 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang Kinerja Kantor Pengelolaan Pasar Kota Solok dalam Penertiban dan Penataan Pedagang sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan rencana strategis Kantor Pengelolaan Pasar Tahun 2011-2015. Kajian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penataan dan penertiban pedagang dalam pencapaian visi dan misi Kantor Pengelolaan Pasar Kota Solok Tahun 2011-2015. Penertiban dan penataan pedagang dilaksanakan berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki oleh Kantor Pengelolaan Pasar sesuai kewenangannya dalam pengelolaan Pasar. Penelitian ini menggunakan indikator Kinerja Hersey, Blanchard & Johnson melalui 6 variabel yaitu tujuan, standar, umpan balik, alat atau sarana, kompetensi, motif dan peluang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kinerja Kantor pengelolaan Pasar Kota Solok dalam Penertiban dan Penataan Pedagang belum berjalan dengan baik (belum optimal). Belum optimalnya Kinerja Kantor Pengelolaan Pasar disebabkan oleh tidak terpenuhinya indikator – indikator yang digunakan untuk melihat kinerja Kantor Pengelolaan Pasar dalam pencapaian tujuan yang berhubungan dengan Pengelolaan Pasar. Diantara indikator – indikator tersebut yang menjadi permasalahan diantaranya adalah tidak adanya penjelasan mengenai proses yang harus dijalankan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, tidak dibuatnya rincian teknis atau metode yang mendukung Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di Kantor Pengelolaan Pasar, laporan kemajuan kegiatan kerja yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan, Sumber daya manusia yang lemah dengan penggunaan fasilitas yang tidak dispesifikasikan serta tidak ada ruang berkembang bagi pegawai dalam pekerjaannya di Kantor pengelolaan Pasar Kota Solok. Kata Kunci: Kinerja, visi dan misi Kantor Pengelolaan Pasar, Penertiban dan Penataan Pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 28 May 2016 03:01
Last Modified: 28 May 2016 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item View Item