Pengaruh Waktu Pencelupan Film Nata De Coco kedalam Suspensi Bahan Pembuat Komposit Bermatriks Polivynil Alcohol (PVA) dengan Penguat Ekstrak Gambir dan Gliserol Terhadap Sifat Mekaniknya

Ferdi, Wahyu Ramadhan (2021) Pengaruh Waktu Pencelupan Film Nata De Coco kedalam Suspensi Bahan Pembuat Komposit Bermatriks Polivynil Alcohol (PVA) dengan Penguat Ekstrak Gambir dan Gliserol Terhadap Sifat Mekaniknya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
combinepdf.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
1610913009 Ferdi Wahyu Ramadhan TA [WATERMARK].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, permasalahan karena limbah plastik semakin banyak ditemukan disekitar kita. Hal tersebut dapat mengganggu ekosistem disekitar kita. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut dengan cara mengubah sifat plastik menjadi sifat biodegradable atau dapat didaur ulang. Salah satu cara untuk merubah sifat dari plastik tersebut adalah dengan menggantinya dengan material biodegradable. salah satu material biodegradable yang akan digunakan adalah nata de coco. Untuk memaksimalkan sifat mekanik dari material tersebut nantinya akan ditambahkan material lainnya berupa polyvinyl alcohol (PVA), ekstrak air gambir, dan gliserol. Pada penelitian kali ini dilakukan tiga variasi waktu pencelupan pada dua sampel berbeda yang dimana salah satu sampelnya diberikan perlakuan perebusan kembali. Masing-masing sampel dicelupkan kedalam suspensI bahan pembuat komposit dengan waktu yang sudah divariasikan. Hasil penelitian ini didapatkan kedua sampel mengalami peningkatan sifat mekanik setelah diberikan variasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.-ing. Hairul Abral
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:14
Last Modified: 27 Jan 2022 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97571

Actions (login required)

View Item View Item