INVENTARISASI DAN PENGELOLAAN DATABASE DIGITAL SPESIMEN DI HERBARIUM UNIVERSITAS ANDALAS (ANDA) DARI FAMILI MARANTACEAE DI SUMATERA BARAT

Rakha, Mafiskha (2021) INVENTARISASI DAN PENGELOLAAN DATABASE DIGITAL SPESIMEN DI HERBARIUM UNIVERSITAS ANDALAS (ANDA) DARI FAMILI MARANTACEAE DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

Penelitian tentang Inventarisasi dan Pengelolaan Database Digital Spesimen di Herbarium Universitas Andalas (ANDA) dari Famili Marantaceae di Sumatera Barat telah dilaksanakan dari bulan Februari 2021 sampai September 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis dari famili Marantaceae di Sumatera Barat berdasarkan spesimen Herbarium ANDA dan menyajikan sumber informasi digital berdasarkan data yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi serta data diperoleh dengan cara mengumpulkan informasi yang tertera pada label spesimen herbarium. Dari hasil penelitian, didapatkan sebanyak 9 jenis dari 4 genus, yakni Donax canniformis, Maranta lietzei, Phrynium hirtum, Phrynium maximum, Phrynium parvum, Phrynium pubinerve, Stachyphrynium latifolium, Stachyphrynium repens, dan Stachyphrynium sumatranum. Tumbuhan asli (native) di Sumatera Barat berjumlah 8 jenis, sedangkan 1 jenis merupakan tumbuhan introduksi berpotensi invasif. Genus Phrynium merupakan genus dengan jenis terbanyak serta Donax canniformis merupakan jenis dengan data keberadaan terbanyak. Jenis tumbuhan berstatus new record berjumlah 1 jenis yakni Phrynium parvum, dan tumbuhan berstatus new occurrence berjumlah 1 jenis yakni Stachyphrynium sumatranum. Digitalisasi data terhadap 179 lembar spesimen Marantaceae yang disimpan di Herbarium ANDA telah dilakukan untuk membangun informasi jenis berbasis online. Data digital dari famili Marantaceae di Sumatera Barat disajikan dalam bentuk data keberadaan (occurrence). Pengelolaan data digital disimpan pada database Herbarium ANDA dalam bentuk data offline dengan akses terbatas dan persiapan untuk publikasi data online melalui IPT LIPI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nurainas, Dr. Syamsuardi, Prof. Dr.
Uncontrolled Keywords: Marantaceae, Herbarium ANDA, Sumatera Barat, spesimen, digitalisasi
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:42
Last Modified: 21 Jan 2022 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97530

Actions (login required)

View Item View Item