OPTIMASI PENGGUNAAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) SEBAGAI PENGGANTI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM PEDAGING

Revo, Agsyamerta Ventora (2021) OPTIMASI PENGGUNAAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) SEBAGAI PENGGANTI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA AYAM PEDAGING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level optimal penggunaan tepung maggot BSF untuk menggantikan tepung ikan dalam ransum ayam pedaging terhadap performa ayam pedaging. Penelitian ini menggunakan ayam pedaging dari strain Lohman MB 202 dari PT. Japfa Comfeed Jaya Farm. Perlakuan dimulai pada umur satu minggu sampai dengan umur lima minggu dengan jumlah 80 ekor. Kandang yang digunakan adalah kandang berbentuk kotak dengan ukuran 70 x 70 x 60 cm perunit sebanyak 20 unit. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan penelitian adalah penggunaan tepung maggot dengan beberapa level pemberian yaitu, R0 = 0% tepung maggot, R1= 1,5% tepung maggot, R2= 3% tepung maggot, R3= 4,5% tepung maggot, R4= 6% tepung maggot. Peubah yang diamati dalam penelitian ini yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan tepung maggot untuk menggantikan tepung ikan dalam ransum ayam pedaging tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung maggot dapat menggantikan penggunaan tepung ikan sampai 6% dengan konsumsi ransum 683,99 gr/ekor/minggu, pertambahan bobot badan 365,84 gr/ekor/minggu, dan konversi ransum 1,88.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Montesqrit, S.Pt, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ayam pedaging, Hermetia illucens, performa, tepung maggot, tepung ikan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:36
Last Modified: 20 Jan 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97477

Actions (login required)

View Item View Item