PENGAWASAN PASAR TERTIB UKUR OLEH DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN (KOPERINDAG) DI PASAR BATUSANGKAR

Mariska Akmal, MA (2021) PENGAWASAN PASAR TERTIB UKUR OLEH DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN (KOPERINDAG) DI PASAR BATUSANGKAR. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text Mariska Akmal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy

Abstract

Pasar tertib Ukur, Takaran, Timbangan dan Perlengkapannya (UTTP) adalah pasar yang patuh menyangkut pemakaian alat ukur, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) oleh pedagang yang mengacu kepada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 terkait Metrologi Legal. Salah satu indikator penting dalam pasar tertib ukur tersebut adalah kepastian kebenaran dalam penggunaan alat ukur, khususnya pada saat transaksi perdagangan. Pasar tertib ukur merupakan pasar yang pedagangnya menggunakan UTTP mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Rumusan masalah yang akan dibahas yaitu: 1) Bagaimana pengawasan pasar tertib ukur oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, perindustrian dan perdagangan (KOPERINDAG) di Pasar Batusangkar? 2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam pengelolaan pasar tertib ukur di Pasar Batusangkar ?. Penelitian ini dilakukan di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KOPERINDAG) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode penelitian yang diimplementasikan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan Studi dokumen. Jenis data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Dalam pengawasan pasar tertib ukur terdapat 3 tahap yaitu : Tahap perencanaan, tahap pengawasan dan tahap penertiban; 2) Pengelolaan Pasar Tertib Ukur di Pasar Batusangkar masih belum terlaksana sesuai dengan perencanaan dan aturan yang berlaku karena terkendala oleh hal-hal terkait masalah penertiban alat ukur dan lemahnya regulasi pasar tertib ukur, sehingga diperlukan koordinasi beupa diskusi antar Dinas Koperindag sebagai pengelola pasar tertib ukur dengan pedagang di pasar. Selain itu juga dibutuhkan penyuluhan yang lebih intens kepada para pedagang mengenai pasar tertib ukur sehingga dapat membantu terlaksananya pengelolaan pasar tertib ukur dengan baik. Kata Kunci: Pasar Tertib Ukur, Pengawasan, UTTP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:36
Last Modified: 20 Jan 2022 03:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97474

Actions (login required)

View Item View Item