HUBUNGAN ASESSMENT OF DIFFERENT NEOPLASIAS IN THE ADNEXA MODEL DENGAN STADIUM KANKER OVARIUM TIPE EPITEL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Lady, Wajusa Putri (2021) HUBUNGAN ASESSMENT OF DIFFERENT NEOPLASIAS IN THE ADNEXA MODEL DENGAN STADIUM KANKER OVARIUM TIPE EPITEL DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kanker ovarium menempati peringkat ke-3 di dunia sebagai penyebab kematian terbanyak kanker ginekologi dan hampir 90 % kasus adalah kanker ovarium tipe epitel. Modalitas diagnostik preoperatif dinilai penting untuk mengarahkan pasien pada tatalaksana yang sesuai. The International Ovarian Tumour Analysis (IOTA) mengembangkan modalitas prediksi risiko prabedah yaitu Assessment of Different Neoplasia in the Adnexa (ADNEX) Model yang tergolong unggul dalam membedakan massa adneksa jinak dan ganas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ADNEX Model dengan stadium kanker ovarium tipe epitel di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis Penelitian merupakan penelitian analitik obervasional dengan desain penelitian cohort retrospektif yang dilakukan di bagian rekam medis RSUP Dr. M. Djamil menggunakan data rekam medis pasien kanker epitel ovarium periode Januari 2019 sampai Juli 2021. Subjek penelitian ini adalah 32 pasien kanker ovarium tipe epitel yang terdiri dari 12 pasien stadium awal dan 20 pasien stadium lanjut. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian didapatkan rerata skor ADNEX Model pada kanker ovarium stadium lanjut adalah 95,62 ± 4,730 dan stadium awal 94,78 ± 4,092 dengan nilai p=0,360 (p>0,05). Hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara ADNEX Model dengan stadium kanker ovarium tipe epitel di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hudila Rifa Karmia, Sp.OG
Uncontrolled Keywords: Kanker ovarium tipe epitel, skor ADNEX Model, stadium kanker ovarium
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:47
Last Modified: 18 Jan 2022 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97285

Actions (login required)

View Item View Item