PENGAWASAN DINAS PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA PADANG

Niko, Muhammad Insani (2016) PENGAWASAN DINAS PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSRAK)
1. ABSRAK WATER MARC.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB I WATER MARK.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III KESIMPULAN DAN SARAN)
3. BAB IV Kesimpilan dan Saran Water Mark.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA NEW FIX WATER MARK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
GABUNGAN SKRIPSI COMPILETE SKRIPSI 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Sistem Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami perubahan dengan adanya Pendidikan Inklusif. Pendidikan Inklusif adalah pendidikan yang dimana diperuntukan bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam mendapatkan suatu pendidikan yang layak dan sesuai dengan minat/bakatnya. Melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.70 Tahun 2009 diatur tata pelaksanaan dan prosedur dalam penyelenggaaraan pendidikan inklusif. Semenjak diterbitkannya Permendiknas No. 70 Tahun 2009, Pemerintah Kota Padang membentuk suatu Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (UPT PKLK) pada tahun 2013 di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Padang. Unit Pelaksana Teknis PKLK mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam pelaksanaan dan pengawasan pendidikan inklusif di Kota Padang. Pada tahun 2013 Dinas Pendidikan Kota Padang menunjuk beberapa tingkatan sekolah reguler dari SD, SMP, SMA/SMK dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif. Sekolah Menengah Kejuruan salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusif terbanyak dalam penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus/kecacatan. Yang menjadi persoalan didalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengawasan Dinas Pendidikan Kota Padang dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Padang ? , 2) Kendala-kendala seperti apa yang dihadapi Sekolah Menengah Kejuruan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Padang ?. Penelitian ini bersifat deskriptis analitis dengan menggunakan pendekatan yuridis - sosiologis, dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Untuk proses pengawasan pendidikan inklusif oleh Dinas Pendidikan Kota Padang diawali dari proses penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus, lalu pengawasan mengenai keterampilan sumber daya manusia pendukung dari pendidikan inklusif, lalu pengawasan dalam pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan inklusif. 2) Untuk kendala yang dihadapi Sekolah Menengah Kejuruan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif diantaranya yaitu dari pengetahuan dan sikap guru yang masih kurang mengerti dengan pendidikan inklusif, dari segi kurangnya jumlah guru pendamping khusus (GPK) ditiap sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, lalu masih sedikitnya sarana dan prasarana pembangunan bagi pendidikan inklusif. Kata Kunci : Pengawasan, Pemenuhan, Pendidikan Inklusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: s1 ilmu hukum
Date Deposited: 27 May 2016 03:38
Last Modified: 27 May 2016 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9724

Actions (login required)

View Item View Item