PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana SEBAGAI PENGGANTI KOSENTRAT DALAM RANSUM TERHADAP STATUS MINERAL MAKRO (Ca, P, Mg, S) PADA KAMBING YANG DIBERI HIJAUAN RUMPUT GAJAH

HANIFAH, HANIFAH (2022) PENGGUNAAN Indigofera zollingeriana SEBAGAI PENGGANTI KOSENTRAT DALAM RANSUM TERHADAP STATUS MINERAL MAKRO (Ca, P, Mg, S) PADA KAMBING YANG DIBERI HIJAUAN RUMPUT GAJAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover hanifah-dikonversi.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN-converted.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB V-converted.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI HANIFAH FINALL (1)-converted(1)-dikonversi(3)-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan level terbaik dalam penggunaan Indigofera zolingeriana sebagai pengganti konsentrat dalam ransum berbasis rumput gajah ditinjau dari status mineral makro (Ca, P, Mg, S) pada kambing kacang. Penelitian ini menggunakan 12 ekor kambing kacang dengan bobot badan 11 – 12 kg. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut yaitu P(1): 60% rumput gajah + 30% konsentrat + 10% I.zollingeriana, P(2): 60%rumput gajah + 20% konsentrat + 20% I.zollingeriana; dan P(3): 60% rumputg ajah + 10% konsentrat+ 30% Indigofera zollingriana. Parameter yang diukuradalah konsentrasi mineral kalsium (Ca), fospor (P), magnesium (Mg) dan Sulfur (S) dalam darah (status mineral). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian konsentrat dengan Indigofera zollingeriana memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadapstatus mineral kalsium (Ca), fospor (P), magnesium (Mg) status Sulfur (S). Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa status mineral Ca, P dan S pada ternak kambing yang mengkonsumsi ransum dengan Indigofera zollingeriana sampai 30% sebagai pengganti konsentrat masih dalam batas normal, tetapi status mineral Mg dibawah level kritis. Guna menjaga produksi ternak yang baik, maka disarankan untuk memberikan suplementasi mineral makro khususnya mineral Ca, Mg dan S dalam ransum. Kata Kunci: Indigofera zollingeriana, status mineral kalsium (Ca), fospor (P), Magnesium(Mg), dan Sulfur (S).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Evitayani, S.Pt, M. Agr
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 17 Jan 2022 09:00
Last Modified: 17 Jan 2022 09:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97221

Actions (login required)

View Item View Item