PENGARUH PEMBERIAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI (TAKS) TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA KLIEN DENGAN ISOLASI SOSIAL DI RSJ PROF HB SA’ANIN PADANG TAHUN 2014

RIO, VERDIANSYAH (2014) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI (TAKS) TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA KLIEN DENGAN ISOLASI SOSIAL DI RSJ PROF HB SA’ANIN PADANG TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501221816nd_skripsi rio verdiansyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Isolasi sosial adalah keadaan ketika seorang individu dengan gangguan jiwa mengalami penurunan atau bahkan sama sekali tidak mampu berinteraksi dengan orang lain disekitarnya, sebuah tindakan untuk masalah ini adalah TAKS akan melatih klien untuk berinteraksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh TAKS terhadap interaksi sosial pada klien dengan isolasi sosial. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian pre eksperimental dengan menggunakan desain one group pre test-post test, Pertama-tama yang dilakukan yaitu observasi dan validasi sehingga didapatkan 20 sampel dari 86 jumlah populasi yang sesuai. Hasil penelitian mean pre-test 3,95 dengan standar diviasi 1,317 dengan nilai minimal 2 dan maksimal 6, mean post-test 12,40 dengan standar diviasi 1,759 dengan nilai minimal 10 dan maksimal 15. didapatkan hasil yang signifikan yaitu dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh interaksi sosial pada klien isolasi sosial setelah dilakukan TAKS dan sebelum dilakukan TAKS. Disarankan TAKS bisa dijadikan sebagai salah satu sarana dalam peroses penyembuhan klien dengan isolasi sosial, dengan memperhatikan rentang waktu pelaksanaan masing-masing sesi. Kata kunci : Isolasi sosial, kemampuan berinteraksi, TAKS Biografi : 2002-2014 (23)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 26 May 2016 10:43
Last Modified: 26 May 2016 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9721

Actions (login required)

View Item View Item