Kontribusi Sektor Pertanian sebagai Sektor Basis Perekonomian Kabupaten Lima Puluh Kota

Berliani, Fitri Adella (2021) Kontribusi Sektor Pertanian sebagai Sektor Basis Perekonomian Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover abstrak-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
WM bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
WM bab 5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
WM daftar oustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Full text)
WM full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat kecenderungan pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota selama periode tahun 2010-2020, mengidentifikasi subsektor basis dan nonbasis, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di subsektor pertanian basis Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa runtun waktu (time series) dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Lima Puluh Kota dan Provinsi Sumatera Barat tahun 2010-2020 dan produksi per subsektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota dan Provinsi Sumatera Barat tahun 2016-2020. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1). Analisis Trend metode kuadrat terkecil (Least Square Method) digunakan untuk melihat kecenderungan perkembangan pertumbuhan PDRB sektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota. 2). Analisis Location Quotient (LQ) digunakan untuk menentukan subsektor basis dan nonbasis dalam sektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota. 3). Analisis Shift Share digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di subsektor sektor pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama 10 tahun terakhir pertumbuhan PDRB Sektor Pertanian Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki pertumbuhan PDRB yang cenderung menurun. Subsektor pertanian yang menjadi basis di sektor pertanian adalah subsektor tanaman pangan, subsektor hortikultura, subsektor perkebunan, dan subsektor perikanan. Adapun faktor yang mempengaruhi pertumbuhan subsektor basis pertanian berasal dari dalam daerah yang ditandai dengan kenaikan jumlah luas lahan. Dan faktor dari luar daerah ditandai dengan peningkatan jumlah permintaan akan komoditi di suatu subsektor serta harga komoditi yang juga meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Melinda Noer, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: subsektor basis; kabupaten lima puluh kota; analsis trend; least square method; shift share; location quotient.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:54
Last Modified: 26 Jan 2022 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97182

Actions (login required)

View Item View Item