PERAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) DALAM USAHA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT (Studi Kasus KUD Koto Salak, Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya)

Engla, WIDIA SEPTIANI (2020) PERAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) DALAM USAHA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT (Studi Kasus KUD Koto Salak, Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full text upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis peran KUD Koto Salak terhadap anggota yang mengusahakan perkebunan kelapa sawit (2) Untuk mengetahui peran KUD Koto Salak dalam perencanaan dan pelaksanan peremajaan perkebunan kelapa sawit (3) Untuk mengetahui permasalahan KUD Koto Salak dalam melaksanakan peremajaan kelapa sawit. Metode yang digunakan adalah metode Studi kasus dengan pndekatan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel diambil dari 15% dari jumlah anggota KUD yang dipilih secara acak. Data dan teknik pengumpulan data,data primer diambil melalui kuisioner dan panduan wawancara pada responden dan informan kunci, data sekunder diperoleh dari lembaga atau instansi terkait. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriprif kualitatif, data dianalisa secara deskriptif yang bertujuan untuk membuat penyadaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat dari populasi dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan diketaui peran KUD Koto Salak dalam usaha perkebuanan kelapa sawit rakyat adalah: 1 dalam memenuhikebutuhan modal KUD sangat berperan, 2. dalam pengelolaan kebun plasma kud sangat beperan mulai dari penentuan lahan,penggunaan bibit, perawatan , pemanenan, pengangkutan dan pada pemasaran hasil TBS semua di usahakan oleh KUD. Peran KUD dalam perencanaan dan pelaksanaan Peremajaan diantaranya adalah: 1.persiapan Pra peremajaan 2. persiapan aministrasi 3. pelaksanaan peremjaan. Dalam melaksanakan peremajaann KUD juga memiliki kendala, diantaranya: 1. Kendala dari petani yang masih beranggapan Perkebunan masih berproduksi, dan isu dana BPDPKS adalah dana kredit.2. Masalah dalam pelaksanaan peremajaan, diantarnya metode peremajaan, kendala dalam penyediaan bibit, tumpang sari dan masalah internal KUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. IRA WAHYUNI SYARFI. MS
Uncontrolled Keywords: Peran Koperasi, Peremajaan, Kelapa Sawit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:39
Last Modified: 14 Jan 2022 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97176

Actions (login required)

View Item View Item