Pengaruh Ekstrak Powder Padina minor sebagai Biostimulan dan Pupuk Bekas Maggot Black Soldier Fly terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merrill.) pada Tanah Ultisol

Julita, Julita (2021) Pengaruh Ekstrak Powder Padina minor sebagai Biostimulan dan Pupuk Bekas Maggot Black Soldier Fly terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merrill.) pada Tanah Ultisol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. Penutup)
BAB V. Penutup.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh ekstrak powder Padina minor sebagai biostimulan dan pupuk bekas maggot black soldier fly terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai (Glycine max L.) pada tanah Ultisol telah dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai Juli 2021 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Rumah Kaca, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak P. minor, pupuk bekas maggot BSF, serta kombinasi ekstrak P. minor dan pupuk bekas maggot BSF terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol (tanpa ekstrak dan pupuk), ekstrak P. minor, pupuk bekas maggot BSF, serta kombinasi ekstrak P. minor dan pupuk bekas maggot BSF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak P. minor tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai. Pemberian pupuk bekas maggot BSF berpengaruh signifikan meningkatkan parameter jumlah daun, jumlah cabang, luas daun, klorofil b dan klorofil total tanaman kedelai. Perlakuan kombinasi ekstrak P. minor dan pupuk bekas maggot memberikan pengaruh yang sama dengan hanya penggunaan pupuk bekas maggot BSF dalam meningkatkan jumlah daun, luas daun, klorofil b dan klorofil total tanaman kedelai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zozy Aneoi Noi
Uncontrolled Keywords: Biostimulan, Black Soldier Fly, Kedelai, Padina minor, Pupuk Organik
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 14 Jan 2022 05:02
Last Modified: 14 Jan 2022 05:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97158

Actions (login required)

View Item View Item