Manajemen Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Nagari Kabupaten Agam Dalam Pelaksanaan Gerakan Nagari Madani

Insan, Sabri (2021) Manajemen Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Nagari Kabupaten Agam Dalam Pelaksanaan Gerakan Nagari Madani. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
Bab VI (Penutup).pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
INSAN SABRI (SKRIPSI).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insan Sabri, 1610843010, Manajemen Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam dalam Pelaksanaan Gerakan Nagari Madani, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Soisal dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, 2021. Dibimbing oleh Dr. Desna Aromatica, S. AP, M. AP dan Wewen Kusumi Rahayu, S. AP, M. Si. Skripsi ini terdiri dari 145 halaman dengan referensi 7 buku teori, 6 buku metode, 3 skripsi, 10 jurnal, 2 Peraturan Daerah, 1 Dokumen, dan 1 website internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh setiap daerah mulai menerapkan konsep madani akan tetapi tidak memiliki ukuran atau konsep yang jelas. Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah yang telah berhasil merumuskan konsep daerah madani di Indonesia. Keberlanjutan Program Gerakan nagari Madani dilaksanakan melalui kegiatan pembinaan oleh instansi pemerintahan terkait dan evaluasi program dilakukan oleh DPMN Kabupaten Agam bersama dengan asesor setiap tahunnya. Jadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Manajemen Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam dalam pelaksanaan Gerakan Nagari Madani di Kabupaten Agam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi kegiatan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Manajemen Kinerja yang dikemukakan oleh Wibowo. Hasil penelitian dengan menggunakan variabel yang dijelaskan oleh Wibowo yaitu masukan, proses, keluaran dan manfaat. Manajemen Kinerja telah sukses melakukan implementasi nagari madani. Walaupun begitu, masih terdapat kekurangan dibeberapa variabel seperti masukan yang mana faktor manusia dan terbatasnya dukungan finansial. Sedangkan proses pelaksanaan sudah berjalan dengan baik. Bukan hanya itu keluaran dalam penelitian ini berupa diterbitkannya modul pelaksanaan assessment GNM setiap tahun yang berisikan hasil atau capaian setiap nagari dalam pelaksanaan kegiatan. Program GNM juga memberikan dampak positif bagi daerah Kabupaten Agam, menunjukkan bahwa DPMN telah sukses memberikan hasil yang telah diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Desna Aromatica, M.AP
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kinerja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam, Gerakan nagari Madani
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:59
Last Modified: 14 Jan 2022 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97138

Actions (login required)

View Item View Item