PERBEDAAN EKSPRESI PROGRAMMED DEATH LIGAND 1 ANTARA STADIUM AWAL DENGAN STADIUM LANJUT PADA KARSINOMA NASOFARING DI RSUP DR. M DJAMIL PADANG

NADYA, DWI KARSA (2021) PERBEDAAN EKSPRESI PROGRAMMED DEATH LIGAND 1 ANTARA STADIUM AWAL DENGAN STADIUM LANJUT PADA KARSINOMA NASOFARING DI RSUP DR. M DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
Bab V.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Karsinoma nasofaring (KNF) merupakan tumor ganas yang berasal dari sel epitel nasofaring. Cell-mediated immunity mempunyai peranan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan kanker, banyak penelitian dilakukan untuk memprediksi adanya hubungan penting antara immune checkpoints Programmed Death-1 (PD-1) dan Programmed Death Ligand-1 (PD-L1) dengan kanker. Perkembangan penelitian mengenai checkpoint blocking antibodies terhadap PD-1 dan PD-L1 menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk imunoterapi kanker. Tujuan : Mengetahui perbedaan ekspresi PD-L1 antara stadium awal dan stadium lanjut pada KNF di RSUP Dr. M Djamil Padang. Metode : Penelitian analitik dengan menggunakan desain potong lintang (cross sectional), dilakukan terhadap 15 sediaan biologi pasien KNF stadium awal dan 15 sediaan biologi pasien KNF stadium lanjut. Pada sediaan biologi dilakukan pemeriksaan molekuler untuk melihat ekspresi PD-L1 dengan metode Imunohistokimia (IHK). Data dianalisis secara statistik dengan program komputer dan dinyatakan bermakna jika p <0.05. Hasil : Pada penelitian ini didapatkan ekspresi kuat PD-L1 pada 3 pasien KNF stadium awal dan 4 pasien KNF stadium lanjut dengan menggunakan penilaian Tumor Proportion Score. Sedangkan, dengan menggunakan Immunoreactive score didapatkan ekspresi kuat PD-L1 pada 1 pasien KNF stadium awal dan 4 pasien KNF stadium lanjut Secara statistik tidak didapatkan perbedaan ekspresi PD-L1 yang bermakna antara stadium awal dengan stadium lanjut pada KNF di RSUP Dr. M Djamil Padang dengan p>0.05. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan ekspresi PD-L1 yang bermakna antara stadium awal dengan stadium lanjut pada KNF di RSUP Dr. M Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Sukri Rahman, Sp.T.H.T.K.L(K) FICS. FACS
Uncontrolled Keywords: Karsinoma nasofaring, PD-L1, PD-1, immune checkpoint, imunoterapi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:24
Last Modified: 18 Jan 2022 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96847

Actions (login required)

View Item View Item