Konsorsium Bakteri Endofit Untuk Pengendali Penyakit Hawar Daun Bakteri, Pemacu Pertumbuhan dan Peningkatan Hasil Tanaman Padi

Rahma, Syahyuti (2021) Konsorsium Bakteri Endofit Untuk Pengendali Penyakit Hawar Daun Bakteri, Pemacu Pertumbuhan dan Peningkatan Hasil Tanaman Padi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konsorsium bakteri endofit adalah gabungan dari beberapa bakteri endofit yang kompatibel dapat memberikan berbagai mekanisme pengendalian (komopetisi, antibiotik, induksi ketahanan) secara bersamaan yang lebih efektif dari pada aplikasi tunggal. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan konsorsium bakteri endofit yang efektif sebagai pengendali penyakit hawar daun bakteri, pemacu pertumbuhan dan peningkatan tanaman padi. Bakteri endofit yang akan dikonsorsiumkan adalah Serratia marcescens 2 galur, Bacillus sp. 2 galur, Bacillus cereus 2 galur, Bacillus subtilis, Pseudomonas fluorescens, Azetobacter, dan Azosprillium. Penelitian ini menggunakan metoda eksperimen terdiri dari 2 tahap. Tahap 1 uji kemampuan konsorsium bakteri endofit secara In Planta menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 6 perlakuan ditambah kontrol positif dan negatif dalam 3 ulangan. Parameter yang diamati adalah masa inkubasi, kejadian penyakit, keparahan penyakit, daya muncul lapang, tinggi bibit, jumlah daun bibit, panjang akar bibit, berat segar bibit, berat kering bibit, tinggi tanaman, jumlah daun tanaman, jumlah anakan, berat gabah, berat gabah kering. Tahap 2 uji antibiosis konsorsium bakteri endofit terhadap partumbuhan bakteri Xanthomonas oryzae pv oryzae secara In Vitro menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri atas 6 perlakuan dan kontrol dalam 3 ulangan. Parameter yang diamati adalah zona hambatan metabolit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsorsium bakteri endofit yang efektif sebagai pengendali hayati penyakit hawar daun bakteri, pemacu pertumbuhan dan peningkatan hasil tanaman padi adalah konsorsium C (Bacillus. sp. galur SJI ; Bacillus sp. galur HI ; S. mascescens galur ULG1E4 ; S. mascescens galur JB1E3) dengan efektivitas penekanan penyakit 83,74%, efektivitas pertumbuhan 24,55%, dan efektivitas hasil 54,61%. Kata Kunci : bakteri endofit, hawar daun bakteri, konsorsium, Xanthomonas oryzae pv oryzae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:32
Last Modified: 14 Apr 2022 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96826

Actions (login required)

View Item View Item