PENGATURAN PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN PERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA USAHA PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA UNTUK MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

SOFIARTI, SOFIARTI (2022) PENGATURAN PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN PERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP PADA USAHA PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA UNTUK MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (DISERTASI FULL)
Disertasi Full Syofiarti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan tambang merupakan kegiatan yang berdampak penting pada lingkungan hidup. Dampak kegiatan pertambangan seringkali menimbulkan persoalan terhadap lingkungan yaitu terjadinya pencemaran dan perusakan lingkungan. Pengelolaan lingkungan yang seharusnya menjadi prioritas seakan terabaikan, karenanya perlu pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan pada kegiatan tambang dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Adanya ketidaksinkronan di antara kebijakan pertambangan dengan lingkungan hidup, sehingga prinsip pembangunan berkelanjutan dikhawatirkan tidak dapat diwujudkan. Timbulnya persoalan dalam pengelolaan tambang disebabkan karena norma yang ada menimbulkan berbagai multi tafsir, sehingga norma tersebut dimintakan judicial review ke Mahkamah Konstitusi. Untuk itu penelitian ini ingin mengkaji bagaimana konsep pengaturan pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup pada usaha pertambangan sehingga prinsip pembangunan berkelanjutan dapat terwujud. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu, pendekatan undang-undang Kata kunci: Pengaturan pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, Pertambangan, Pembangunan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Takdir Rahmadi, SH, LLM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:05
Last Modified: 10 Jan 2022 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96793

Actions (login required)

View Item View Item