Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate, Property dan Konstruksi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Fitri, Ayuni (2021) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Real Estate, Property dan Konstruksi yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance, kualitas audit dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan. Pada penelitian ini mekanisme corporate governance yang diteliti adalah komposisi komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Dimana, sebanyak 24 perusahaan real estate, property dan konstruksi yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 dijadikan sebagai sampel penelitian sehingga diperoleh sebanyak 120 data sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan hasil uji statistik F dan t menunjukkan bahwa komposisi komisaris independen, kualitas audit dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Pada uji koefisien determinasi yang dilakukan menunjukkan nilai Adjusted R2 sebesar 0,242 nilai ini mengindikasikan bahwa variabel dependen yaitu integritas laporan keuangan mampu dijelaskan sebesar 24,2% oleh variabel independen yaitu komposisi komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manjerial, kualitas audit dan ukuran perusahaan. Sehingga secara bersama-sama variabel komposisi komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manjerial, kualitas audit dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam menyajikan laporan keuangan yang berintegritas tinggi dan pihak-pihak yang memiliki kepentinga atas perusahaan, sehingga informasi laporan keuangan dapat berguna dalam pengambilan keputusan. Kata Kunci: Integritas Laporan Keuangan, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Nini Syofriyeni, M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:32
Last Modified: 11 Jan 2022 02:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96775

Actions (login required)

View Item View Item