Pengaruh hasil perendaman kulit ubi kayu dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang berbeda terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik,dan serat kasar secara in-vitro.

Septia, Widiariza (2021) Pengaruh hasil perendaman kulit ubi kayu dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang berbeda terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik,dan serat kasar secara in-vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab Aakhir (kesimpulan dan saran).pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text Skripsi Septia Widiariza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil perendaman kulit ubi kayu dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang berbeda terhadap kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik, dan kecernaan serat kasar dan untuk mendapatkan dosis dan lama perendaman terbaik dalam meningkatkan kecernaan zat makanan sehingga pemanfaatan kulit ubi kayu sebagai pakan ternak ruminansia dapat ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 9 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah A : kapur sirih 0% lama perendaman 1 jam; B : kapur sirih 0,25% lama perendaman 1 jam; C : kapur sirih 0,50% lama perendaman 1 jam; D : kapur sirih 0% lama perendaman 2 jam; E : kapur sirih 0,25% lama perendaman 2 jam; F : kapur sirih 0,50% lama perendaman 2 jam; G : kapur sirih 0% lama perendaman 3 jam; H : kapur sirih 0,25% lama perendaman 3 jam; I : kapur sirih 0,50% lama perendaman 3 jam. Parameter yang diamati adalah kecernaan bahan kering (KcBK), kecernaan bahan organik (KcBO), dan kecernaan serat kasar (KcSK). Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa penggunaan kulit ubi kayu hasil perendaman dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang berbeda memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik, dan serat kasar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil perendaman kulit ubi kayu dengan dosis kapur sirih dan lama perendaman yang terbaik terhadap kecernaan bahan kering, bahan oganik, dan serat kasar adalah pada dosis 0,25% lama perendaman 2 jam dengan nilai kecernaan masing-masingnya adalah 53,59%, 54,89%, dan 51,87%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Uncontrolled Keywords: kulit ubi kayu, kapur sirih, kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik, kecernaan serat kasar
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Peternakan Peternakan
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:49
Last Modified: 06 Jan 2022 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96713

Actions (login required)

View Item View Item