PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN MEDIS DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL (Studi Pada Salah Satu Rumah Sakit DI Kota Padang)

Yoga, Agung Nugraha (2021) PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN MEDIS DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL (Studi Pada Salah Satu Rumah Sakit DI Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah lingkungan hidup merupakan salah satu kajian internasional,banyak masalah lingkungan hidup yang terjadi dan mengancam keberlangsungan hidup manusia,salah satu contohnya ialah limbah. Limbah dapat mempengaruhi lingkungan dan kesehatan manusia,dalam penggolongan limbah terdapat jenis limbah yang masuk kedalam golongan limbah bahan berbahaya dan beracun. Limbah B3 ada yang dihasilkan oleh rumah sakit yang dinamakan lagi Limbah B3 medis. Dalam melakukan pengelolaan terhadap limbahnya maka perlu diatur beberapa aturan dan pedoman untuk rumah sakit agar tidak adanya timbul masalah mengenai limbahnya,pengelolaan yang tidak sesuai dengan aturan dan pedoman tersebut tentu berpotensi menyebabkan masalah bagi lingkungan hidup dan kesehatan manusia,dan untuk itu perlu diteliti mengenai perilaku dan ketentuan yang di lakukan di beberapa rumah sakit. Dengan ini timbul lah rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah pengaturan terhadap pengelolaan limbah medis B3 dalam perspektif hukum internasional dan hukum nasional,(2) Bagaimanakah implementasi dari pengelolaan limbah B3 medis di Rumah Sakit M Djamil Padang berdasarkan perspektif hukum internasional dan hukum nasional. Metode penelitian yang diapakai ialah empiris, yang melihat secara langsung perilaku pada penanganan limbah tersebut. Hasil penelitian dan pembahasannya yaitu, dalam pengelolaan Limbah B3 medis terdapat beberapa tahapan yaitu pemilahan,penyimpanan,pengangkutan,pengolahan,penguburan,dan penimbunan. Dalam tahapan pengelolaan tersebut RSUP M Djamil tidak memiliki fasilitas pengolahan seperti autoklaf dan insenerator sehingga RSUP M Djamil tidak melakukan pengolahannya sendiri dan mengharuskan RSUP M Djamil menggunakan jasa pihak ketiga. Dalam melakukan kerjasama tersebut haruslah dilakukan lelang tender terlebih dahulu, dalam jangka waktu lelang tender tersebut maka limbah yang ada di RSUP M Djamil tidak dilakukan pengolahan terhadapnya sehingga mengakibatkan penumpukan limbah sementara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. H. Firman Hasan,S.H., L.LM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 05 Jan 2022 08:52
Last Modified: 05 Jan 2022 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96704

Actions (login required)

View Item View Item