IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY DALAM PERAMALAN BEBAN LISTRIK JANGKA PENDEK PT SEMEN PADANG MENGGUNAKAN GRAPHICAL USER INTERFACE MATLAB

Amri, Mahmud Rizaldi (2021) IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY DALAM PERAMALAN BEBAN LISTRIK JANGKA PENDEK PT SEMEN PADANG MENGGUNAKAN GRAPHICAL USER INTERFACE MATLAB. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB Akhir .pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Cetak(Amri) Draft Tugas Akhir-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Dalam praktik sehari-hari di PT Semen Padang, kebutuhan terhadap energi listrik harus bisa terpenuhi secara berkelanjutan tanpa adanya gangguan yang menyebabkan kerugian. Permasalahannya adalah nilai kebutuhan beban listrik yang bersifat acak dan dinamis, sehingga memungkinkan terjadinya fluktuasi nilai beban listrik pada waktu yang tidak menentu. Untuk itu diperlukan adanya sebuah strategi peramalan pertumbuhan beban dan penyediaan daya yang terdistribusi di PT Semen Padang. Adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, menuntut munculnya sebuah metode komputasi yang didukung oleh sistem cerdas sebagai metode yang digunakan dalam melakukan peramalan, misalnya logika fuzzy. Penelitian ini memiliki rumusan masalah, yaitu bagaimana implementasislogika fuzzy dalam peramalanzbeban listrik jangkarpendek PT Semen Padang menggunakan Graphical User Interface (GUI) Matlab. Tujuan penelitian ini meliputi implementasi logika fuzzy dalam mengolah data beban listrik PT Semen Padang, melakukan peramalan beban listrik jangka pendek PT Semen Padang, serta membandingkan hasil peramalan dengan beban aktual. Pengumpulan data dan analisis dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus lapangan. Hasil peramalan selama 7 hari menggunakan 6 metode defuzzifikasi, menjadikan metode Smallest of Maximum (SoM) sebagai metode terbaik dengan persentase nilai MAPE sebesar 8,15%. Sementara itu, metode defuzzifikasi Weight of Average (WoA) Sugeno, berada diperingkat ke-4 dengan persentase nilai MAPE sebesar 9,51%. Berdasarkan kategori waktu, peramalan beban listrik pada hari libur lebih baik dibandingkan peramalan pada hari kerja. Namun, ditinjau dari segi per hari, hari Rabu memiliki nilai rata-rata MAPE terkecil sebesar 5,05%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, M.T.
Uncontrolled Keywords: logika fuzzy, peramalan beban listrik, PT Semen Padang
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 05 Jan 2022 02:37
Last Modified: 05 Jan 2022 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96697

Actions (login required)

View Item View Item