PERAN KP2KP MENINGKATKAN PARTISIPASI UMKM DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS TARIF PAJAK 0,5 % UNTUK PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN DI KOTA PADANG PANJANG

Yolla, Revila (2021) PERAN KP2KP MENINGKATKAN PARTISIPASI UMKM DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS TARIF PAJAK 0,5 % UNTUK PEMBAYARAN PAJAK PENGHASILAN DI KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan negara Indonesia salah satunya mensejahterakan rakyat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan dana yang salah satunya berasal dari Pajak Penghasilan. Dengan dikeluarkanya PP Nomor 23/2018, maka pemerintah menetapkan tarif Pajak Penghasilan 0,5 % bagi UMKM, lebih rendah dari tarif Pajak Penghasilan yang ditetapkan oleh UU PPh yang kemudian disempurnakan dengan UU Cipta Kerja. Diharapkan dengan adanya peraturan ini memudahkan UMKM dalam membayar Pajak Penghasilan. Dalam kenyataanya masih banyak UMKM di Kota Padang Panjang yang tidak menggunakan fasilitas perpajakan tersebut. Berdasarkan tugas dan fungsinya KP2KP memiliki peran dalam meningkatkan partisipasi UMKM dalam membayar Pajak Penghasilan. Permasalahan yang dibahas oleh penulis adalah: 1) Bagaimana peran KP2KP meningkatkan partisipasi UMKM dalam memanfaatkan tarif pajak 0,5 % serta fasilitas perpajakan lainnya setelah berlaku UU Cipta Kerja untuk pembayaran Pajak Penghasilan di Kota Padang Panjang ? 2) Apa saja hambatan-hambatan dalam penerapan pemanfaatan fasilitas perpajakan untuk pembayaran Pajak Penghasilan bagi UMKM di Kota Padang Panjang ? Metode penelitian ini adalah yuridis empiris atau studi lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa KP2KP Padang Panjang telah melakukan tugas dan fungsinya yang diatur dalam peraturan yang berlaku untuk mengambil peran meningkatkan partisipasi UMKM dalam memanfaatkan tarif Pajak Penghasilan 0,5 % dengan mengadakan kelas pajak, memberikan edukasi langsung kepada UMKM yang baru mendaftar NPWP dan aktif memberikan informasi melalui media sosial. Adapun peran KP2KP Padang Panjang dalam meningkatkan partisipasi UMKM memanfaatkan fasilitas perpajakan lainnya setelah berlakunya UU Cipta Kerja untuk pembayaran Pajak Penghasilan dengan memberitahukan lewat email, postingan media sosial resmi Dirjen Pajak serta instansi vertikal DJP, iklan radio, media cetak, spanduk dan informasi langsung kepada UMKM yang datang ke kantor pajak. Adapun hambatan-hambatan dalam penerapan tarif pajak 0.5 % serta fasilitas perpajakan lainnya setelah berlaku UU Cipta Kerja untuk pembayaran Pajak Penghasilan bagi UMKM di Kota Padang Panjang tersebut berasal dari KP2KP Padang Panjang dan UMKM di Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Sri Arnetti, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:49
Last Modified: 04 Jan 2022 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96685

Actions (login required)

View Item View Item