Pemodelan dan Analisis Dinamik Bilah Tingkat 1 (L-1) pada Turbin Uap Tekanan Rendah (Studi Kasus PLTU Pangkalan Susu)

Ikhsan, Febriyan (2021) Pemodelan dan Analisis Dinamik Bilah Tingkat 1 (L-1) pada Turbin Uap Tekanan Rendah (Studi Kasus PLTU Pangkalan Susu). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada kasus lapangan ditemukan kegagalan pada struktur bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah, ditemukan retak pada posisi yang hampir sama dan mengalami patah yang berjumlah 12 bilah. Untuk mengidentifikasi kondisi yang terjadi pada struktur bilah tersebut dibuat pemodelan dengan menggunakan model elemen hingga. Analisis dinamik dan statik dari bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah menggunakan software MSC Patran/Nastran 2019. Karakteristik dinamik dari bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah berupa frekuensi pribadi dan modus getar. Analisis statik meliputi gaya sentrifugal, termal, dan tekanan yang digunakan dalam mengamati distribusi tegangan yang berkerja pada struktur bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah. Memverifikasi pemodelan struktur bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah salah satunya melalui bump test dengan membandingkan frekuensi pribadi secara eksperimental dengan simulasi menggunakan software MSC Patran/Nastran 2019, jika kesalahan (error) yang diperoleh dari frekuensi pribadi eksperimental mengindikasikan bahwa pemodelan yang telah dibuat telah sesuai dengan keadaan struktur yang sebenarnya. Modus getar pada struktur bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah digunakan dalam memvisualisasikan bentuk/pola getaran yang terjadi pada struktur tersebut. Analisis distribusi tegangan digunakan dalam memprediksi kegagalan pada struktur bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah. Hasil distribusi tegangan maksimum akibat pembebanan tekanan yang diperoleh menunjukkan terjadi pada daerah retak, sehingga dapat dinyatakan bahwa kegagalan struktur bilah turbin uap dengan retak dan pada posisi yang hampir sama yaitu pembebanan akibat tekanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng.Meifal Rusli
Uncontrolled Keywords: Bilah turbin uap tingkat 1 (L-1) tekanan rendah, verifikasi pemodelan, bump test, MSC Patran/Nastran 2019, frekuensi pribadi, modus getar, pembebanan tekanan, tegangan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:14
Last Modified: 03 Jan 2022 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96671

Actions (login required)

View Item View Item