Implikatur dalam Tuturan Najwa Shihab pada Acara ‘Gelar Wicara Mata Najwa’ Episode “Menangkal Corona dan Menanti Terawan”

Tessa, Qurrata Aini (2021) Implikatur dalam Tuturan Najwa Shihab pada Acara ‘Gelar Wicara Mata Najwa’ Episode “Menangkal Corona dan Menanti Terawan”. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang implikatur dilihat dari jenis, fungsi dan maknanya dalam tuturan. Tuturan yang dibahas adalah tuturan Najwa Shihab pada acara ‘Gelar Wicara Mata Najwa’ episode “Menangkal Corona dan Menanti Terawan”. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menjelaskan jenis, fungsi, dan makna implikatur dalam tuturan Najwa Shihab dalam acara gelar wicara tersebut. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode simak dengan teknik teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Tuturan yang mengandung implikatur dianalisis menggunakan metode padan dan pilah unsur penentu (PUP), serta teknik hubung banding dan membedakan (HBB). Dari hasil analisis data diperoleh empat jenis implikatur, yaitu (1) implikatur percakapan umum (39,45%), (2) implikatur skala (5,26%), (3) implikatur percakapan khusus (18,41%) dan (4) implikatur konvensional (36,82%). Ada tiga fungsi implikatur yang ditemukan dalam penelitian, yaitu (1) fungsi asertif/representatif (49,97%), (2) fungsi direktif (28,93%), dan (3) fungsi ekspresif (21,04%). Makna implikatur yang terdapat dalam penelitian ada empat, yaitu (1) memperlihatkan sikap ramah (7,89%), (2) menanggapi informasi mengenai COVID-19 (31,56%), (3) mengkritik informasi mengenai COVID-19 (31,56%), dan (4) menanyai dan mengkonfirmasi informasi mengenai COVID-19 (28,93%). Dapat disimpulkan bahwa tuturan Shihab mengandung implikatur percakapan umum dengan fungsi asertif karena tuturan Shihab berfungsi menegaskan atas informasi yang diterimanya dalam acara gelar wicara tersebut. Makna implikatur menanggapi dan mengkritik informasi COVID-19 banyak ditemukan dalam tuturan Shihab agar mitra tutur dapat menanggulangi pandemi di Indonesia lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ike Revita, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: COVID-19, implikatur percakapan, implikatur konvensional, Mata Najwa, Najwa Shihab
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:46
Last Modified: 04 Jan 2022 03:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96666

Actions (login required)

View Item View Item