KARAKTERISTIK JENAZAH TERKONFIRMASI COVID-19 YANG DITATALAKSANA SESUAI PEDOMAN TATALAKSANA JENAZAH DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG DAN RUMAH SAKIT UNAND

Jovanny, Jovanny (2021) KARAKTERISTIK JENAZAH TERKONFIRMASI COVID-19 YANG DITATALAKSANA SESUAI PEDOMAN TATALAKSANA JENAZAH DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG DAN RUMAH SAKIT UNAND. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit baru yang masuk di Indonesia dengan insidensi yang terus bertambah dan diikuti oleh angka mortalitas yang cenderung naik. RSUP. Dr. M. Djamil Padang dan RS. Unand merupakan dua rumah sakit rujukan COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik jenazah terkonfirmasi COVID-19 yang ditatalaksana sesuai pedoman tatalaksana jenazah di RSUP. Dr. M. Djamil Padang dan RS. Unand. Jenis penelitian ini adalah deskriptif retrospektif, data penelitian diambil dari data rekam medis dari bulan April-Desember 2020 dengan jumlah sampel sebesar 139 jenazah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar jenazah Covid-19 berada dikelompok umur 51-60 tahun, yaitu sebanyak 31,7% dan berjenis kelamin laki-laki sebanyak 56,8%. Tempat perawatan terbanyak adalah ruang isolasi biasa yaitu 51,8%, komorbiditas tertinggi berupa DM tipe II, yaitu sebanyak 18,1% dan jenazah Covid-19 dimakamkan paling banyak di TPU selain yang ditetapkan pemerintah yaitu 52,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan risiko kematian akibat COVID-19 dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti usia, jenis kelamin dan komorbiditas dan masyarakat diharapkan untuk dapat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mengikuti aturan lokasi pemakaman jenazah terkonfirmasi COVID-19 untuk menekan angka persebaran penyakit ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Citra Manela, Sp.F.M
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Jenazah, Jenis Kelamin, Umur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:41
Last Modified: 07 Jan 2022 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96655

Actions (login required)

View Item View Item