FAKTOR RISIKO INFEKSI TERKAIT KATETER PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN CATHETER DOUBLE LUMEN DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Muhammad, Iqbal (2021) FAKTOR RISIKO INFEKSI TERKAIT KATETER PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN CATHETER DOUBLE LUMEN DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan. Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan penyakit terminal yang memerlukan hemodialisis. Hemodialisis membutuhkan akses pembuluh darah dengan menggunakan catheter double lumen (CDL). Namun, penggunaan CDL dapat meningkatkan komplikasi seperti terutama infeksi, baik infeksi lokal (exit-site) maupun sistemik (infeksi aliran darah). Penulis ingin mengetahui faktor yang berkontribusi terhadap kejadian infeksi terkait kateter sentral pada pasien HD yang menggunakan CDL di RSUP Dr. M Djamil Padang. Metode. Penelitian ini merupakan studi prospektif pada pasien yang menjalani HD di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah consecutive sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil. Pada penelitian ini didapatkan 40 pasien PGK yang menjalani HD. Sebagian besar sampel mengalami infeksi aliran darah (67,5%). Manifestasi klinis sekresi purulen, lama penggunaan CDL, dan hipoalbuminemia memiliki perbedaan signifikan terhadap kejadian infeksi CDL berdasarkan infeksi aliran darah dan infeksi exit-site (p<0,05). Pola kuman yang banyak ditemukan yaitu Pseudomonas aeruginosa (22,5%) dan sensitif terhadap Ceftazidime, Cefepime, Meropenem, Amikacin, Gentamicin, Ciprofloxacin. Kesimpulan. Faktor yang berkontribusi terhadap kejadian infeksi terkait CDL yaitu lama penggunaan dan hipoalbuminemia. Pseudomonas aeruginosa merupakan kuman penyebab terbanyak infeksi terkait CDL pada pasien PGK yang menjalani HD di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Raflis Rustam, SpB(K)V
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci. Hemodialisis, infeksi CDL, infeksi aliran darah, infeksi exit-site
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:53
Last Modified: 03 Jan 2022 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96639

Actions (login required)

View Item View Item