Pengaruh Fraksi Etil Asetat Daun Sintrong (Crassocephalum Crepidioides S. Moore) Terhadap Volume Edema, Jumlah Leukosit dan Indeks Limpa Tikus Putih Jantan Yang Diinduksi Karagenan

Suci, Andriani (2021) Pengaruh Fraksi Etil Asetat Daun Sintrong (Crassocephalum Crepidioides S. Moore) Terhadap Volume Edema, Jumlah Leukosit dan Indeks Limpa Tikus Putih Jantan Yang Diinduksi Karagenan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
5. Fulltext Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tumbuhan berkhasiat obat, baik yang tumbuh liar maupun yang sengaja ditanam oleh masyarakat. Sintrong (Crassochephalum crepidioides S. Moore) merupakan tanaman yang tumbuh liar di wilayah tropis dan sub tropis dan dianggap sebagai gulma diantara tumbuhan holtikultura. Sintrong memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya sebagai antiradang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh fraksi etil asetat daun sintrong terhadap volume edema, jumlah total leukosit, persentase jenis leukosit dan indeks limpa pada tikus putih jantan yang diinduksi karagenan. Pengujian dilakukan dengan metode edema buatan. Tikus percobaan dibagi menjadi 5 kelompok, kelompok 1 sebagai kontrol negatif diberikan suspensi Na CMC 0,5%. Kelompok 2 sebagai kontrol positif diberikan Na diklofenak. Kelompok 3,4 5 diberikan fraksi etil asetat daun sintrong dengan dosis 10 mg/kgBB, 20 mg/kgBB, 40 mg/kgBB. Sediaan uji diberikan secara oral 60 menit sebelum penginjeksian karagenan 1%. Volume edema diukur tiap jam selama 6 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi etil asetat daun sintrong mempengaruhi volume edema (p<0,05) dengan dosis 40 mg/kgBB memberikan persentase edema terkecil dan persentase inhibisi edema terbesar yaitu 67,54%. Fraksi etil asetat juga mempengaruhi jumlah total leukosit. Pemberian fraksi etil asetat daun sintrong dapat menurunkan jumlah total leukosit dan mempegaruhi persentase jenis leukosit, khususnya neutrofil segmen (p<0,05). Sedangkan sel eusinofil, limfosit dan monosit tidak berpengaruh nyata dengan pemberian fraksi etil asetat daun sintrong ini (p>0,05). Pemberian fraksi etil asetat tidak mempengaruhi indeks limpa (p>0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Netty Suharti, MS
Uncontrolled Keywords: antiinflamasi, sintrong (Crassocephalum crepidioides S. Moore), edema, leukosit
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:47
Last Modified: 12 Jan 2022 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96618

Actions (login required)

View Item View Item