PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK GUANO DAN PUPUK KIESERIT

WIDYA, FITRI (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) DENGAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK GUANO DAN PUPUK KIESERIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.docx.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.docx.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan tanaman hortikutura dunia yang banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Tanaman kentang merupakan tanaman pangan keempat di dunia setelah gandum, beras dan jagung serta sayuran yang mempu untuk dikembangkan sebagai sumber karbohidrat dalam rangka mendukung diversifikasi pangan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kentang dengan pemberian berbagai dosis pupuk guano dan pupuk kieserit. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kampung Sago, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang yang terletak di ketinggian 735 m dpl pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan interaksi pupuk guano dan pupuk kieserit terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang, untuk mendapatkan dosis pupuk guano yang baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang, dan untuk mendapatkan dosis pupuk kieserit yang baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan Faktorial 3x4 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah pupuk guano dengan dosis yang diberikan berbeda terdiri dari 0 ton/Ha (tanpa pupuk guano), 5 ton/Ha, dan 10 ton/Ha. Faktor kedua adalah pupuk kieserit dengan dosis yang diberikan yaitu 0 kg/Ha (tanpa pupuk kieserit), 100 kg/Ha, 200 kg/Ha, dan 300 kg/Ha. Dari hasil peneltian maka didapatkan bahwa tidak ada interaksi antara pemberian pupuk guano dan pupuk kieserit pada tanaman kentang terhadap pertumbuhan tanaman tetapi berpengaruh terhadap hasil tanaman. Pemberian dosis pupuk guano 10 ton/Ha dan pupuk kieserit 200 kg/Ha memberikan pengaruh terhadap jumlah umbi, bobot umbi per tanaman, bobot umbi per petak, dan bobot umbi per hektar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir Warnita, MP
Uncontrolled Keywords: Solanum tuberosum L., dosis, guano, kieserit, produksi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:41
Last Modified: 29 Dec 2021 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96600

Actions (login required)

View Item View Item