DAMPAK SERTIFIKASI INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL (ISPO) TERHADAP PERILAKU LINGKUNGAN PERUSAHAAN PERKEBUNAN SAWIT

Indah, Pasimura (2021) DAMPAK SERTIFIKASI INDONESIAN SUSTAINABLE PALM OIL (ISPO) TERHADAP PERILAKU LINGKUNGAN PERUSAHAAN PERKEBUNAN SAWIT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img] Text
Tesis Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Untuk mewujudkan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan serta upaya mengatasi dampak negatif dari perkebunan kelapa sawit, Pemerintah telah mewajibkan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) bagi perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Sejak diberlakukan selama 10 tahun penting untuk mengetahui dampak sertifikasi ISPO terhadap perubahan perilaku lingkungan perusahaan perkebunan kelapa sawit khususnya terkait deforestasi dan kebakaran lahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan starategi studi kasus (case study). Fokus penelitian adalah menyelidiki perubahan perilaku lingkungan pada tujuh perusahaan perkebunan sawit terkait deforestasi dan kebakaran lahan sebagai dampak sertifikasi ISPO, serta menganalisis penyebab terjadinya perubahan perilaku lingkungan perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sertifikasi ISPO pada tujuh perusahaan perkebunan sawit yang diteliti, dapat merubah perilaku lingkungan perusahaan untuk mengurangi konversi hutan dalam areal konsesi, menambah areal konservasi, serta mampu mengurangi kebakaran lahan dalam areal konsesi sebagai pemenuhan prinsip dan kriteria ISPO. Penyebab perubahan perilaku lingkungan tersebut yaitu tekanan terbitnya peraturan ISPO, pengaruh pemangku kepentingan internal perusahaan dalam merespon dan memahami ISPO, dan dorongan mendapatkan kemudahan akses pembiayaan dari perbankan. Dengan demikian dapat disimpulkan terhadap tujuh perusahaan perkebunan kelapa sawit yang diteliti, sertifikasi ISPO membawa dampak positif terhadap pengurangan deforestasi dan kebakaran lahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Afrizal, MA
Uncontrolled Keywords: sertifikasi ISPO, perilaku lingkungan, perusahaan perkebunan sawit, dampak, deforestasi, kebakaran lahan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:55
Last Modified: 25 Jan 2022 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96559

Actions (login required)

View Item View Item