Evaluasi Mutu Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) Setelah Perlakuan Ketinggian Jatuh Pada Berbagai Jenis Permukaan Tumbukan

Sindi, Susanti (2021) Evaluasi Mutu Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) Setelah Perlakuan Ketinggian Jatuh Pada Berbagai Jenis Permukaan Tumbukan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Buah jambu biji merah sangat rentan mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan kualitas buah menurun dan memicu kerusakan lainnya. Oleh karena itu, perlu mengetahui perubahan mutu yang terjadi akibat ketinggian jatuh dan permukaan tumbukan pada buah sehingga buah tidak cepat rusak. Analisis data menggunakan aplikasi R Studio dengan RAL Faktorial dengan 3 ulangan terdiri dari 12 unit perlakuan antara lain perlakuan tanpa penjatuhan/kontrol (K0KE, K0B, K0P) dan perlakuan dengan penjatuhan (KIKE, K1B, K1P, K2KE, K2B, K2P, K3KE, K3B, K3P). Penelitian ini mengamati parameter susut diameter, susut bobot, kerusakan mekanis, energi tumbukan, TPT, dan pH. Pengamatan dilakukan selama 7 hari dengan jumlah sampel pada 1 ulangan untuk 1 unit perlakuan tanpa penjatuhan sebanyak 9 sampel dan 1 unit perlakuan dengan penjatuhan 8 sampel. Sehingga total sampel yang digunakan adalah 243 sampel terbagi atas 27 sampel untuk 3 unit perlakuan tanpa penjatuhan dan 216 sampel untuk 9 unit perlakuan dengan penjatuhan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ketinggian jatuh berpengaruh pada semua parameter yang diamati kecuali pH, sedangkan permukaan tumbukan berpengaruh pada susut diameter dan susut bobot. Perlakuan ketinggian jatuh 100 cm pada permukaan pelat menyebabkan penurunan mutu paling besar dan perlakuan ketinggian jatuh 60 cm pada permukaan karton merupakan perlakuan terbaik karena menyebabkan penurunan mutu paling kecil dengan nilai yang mendekati kontrol dan memenuhi SNI jambu biji yaitu memar atau cacat yang dapat ditoleransi pada mutu kelas A maksimal 5 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Andasuryani, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Jambu Biji Merah, Ketinggian Jatuh, Permukaan Tumbukan, Kerusakan Mekanis, Mutu
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:45
Last Modified: 27 Dec 2021 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96536

Actions (login required)

View Item View Item