PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TERHADAP AIR TERSEDIA TANAH DAN PERTUMBUHAN JAGUNG PADA TANAH BEKAS TAMBANG EMAS DI DHARMASRAYA

Mifta, Chairun Nisa (2021) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TERHADAP AIR TERSEDIA TANAH DAN PERTUMBUHAN JAGUNG PADA TANAH BEKAS TAMBANG EMAS DI DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
UPLOAD COVER dan Abstract.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UPLOAD BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UPLOAD BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UPLOAD DAPUS.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari interaksi antara jenis dan dosis biochar terhadap ketersediaan air dan pertumbuhan tanaman Jagung pada tanah bekas tambang. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juni 2020 sampai Mei 2021 di Laboratorium fisika Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dan Laboratorium Kimia Balai Penelitian Tanah. Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial 3 x 5 dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah jenis bahan baku biochar yaitu sekam padi, tongkol jagung dan bambu. Faktor kedua adalah dosis biochar yaitu 4; 8; 12; 16; 20 ton/ha. Analisis parameter yaitu tekstur tanah, berat volum tanah, total ruang pori, bahan organik tanah, permeabilitas dan pori air tersedia tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemberian jenis biochar dan dosis biochar tidak memperlihatkan interaksi terhadap ketersedian air dan beberapa sifat fisik tanah sera pertumbuhan tanaman. Berinteraksi terhadap laju permeabilitas. (2) Pemberian yang terbaik dalam meningkatkan ketersediaan air dan pertumbuhan tanaman jagung yaitu pada pemberian 20 ton/ha, yang meningkatkan kandungan bahan organik tanah (dari 1,22% menjadi 3,12%), menurunkan nilai berat volume tanah dari (1.42 g/cm3 menjadi 1.17 g/cm3), total ruang pori tanah (dari 46,45% menjadi 54.17%), dan permeabilitas tanah (dari 198,80 cm/jam menjadi 24,11 cm/jam). Selanjutnya dosis 20 ton/ha untuk ke 3 jenis biochar memberikan pertumbuhan tinggi tanaman (109 cm) tertinggi tanaman jagung. (3) Persentase (%) pori air tersedia (PAT) tanah meningkat dari 8% menjadi 9.8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yulnafatmawita, MSc
Uncontrolled Keywords: Biochar sekam padi, Biochar tongkol jagung, Biochar bambu, dosis biochar, amelioran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:18
Last Modified: 23 Dec 2021 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96427

Actions (login required)

View Item View Item