TUGAS AKHIR OPTIMALISASI PENYISIHAN NITROGEN DENGAN PROSES ANAMMOX PADA REAKTOR UP-FLOW ANAEROBIC SLUDGE BLANKET (UASB) MENGGUNAKAN SEDOTAN PLASTIK SEBAGAI MEDIA LEKAT

Annisa, Annisa AUlia Rasyidah (2021) TUGAS AKHIR OPTIMALISASI PENYISIHAN NITROGEN DENGAN PROSES ANAMMOX PADA REAKTOR UP-FLOW ANAEROBIC SLUDGE BLANKET (UASB) MENGGUNAKAN SEDOTAN PLASTIK SEBAGAI MEDIA LEKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstract)
cover dan abstrak(2).pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I ANNISA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V ANNISA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
daftar puskata(1).pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img] Text
draft TA Annisa Aulia Rasyidah300421 final(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi penyisihan nitrogen menggunakan sedotan plastik sebagai media lekat dan membandingkan penyisihan nitrogen pada ketinggian efluen yang berbeda. Penelitian dilakukan menggunakan reaktor up-flow anaerobic sludge blanket (UASB) bervolume 300 ml yang mempunyai 3 titik sampling yaitu pada ketinggian 8 cm, 16 cm dan 24 cm yang dioperasikan selama 72 hari. Substrat yang digunakan adalah limbah artifisial yang mengandung 70 mg-N/L ammonium dan nitrit pada rentang suhu 18-28 oC dengan hydraulic retention time (HRT) yaitu 6 jam dan 3 jam. Pengujian penyisihan nitrogen menggunakan metode spektrofotometri untuk analisis amonium, nitrat dan nitrit. Penelitian ini menggunakan bakteri yang dikultivasi dari daerah tropis yaitu dari Talago Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Kinerja penyisihan nitrogen pada HRT 6 jam diperoleh nilai nitrogen removal rate (NRR) optimal 0,43 kg-N/m3.h dengan nitrogen loading rate (NLR) 0,54 kg-N/m3.h, pada HRT 3 jam nilai NRR optimal 0,96 kg-N/m3.h dengan NLR 1,12 kg-N/m3.d. Nilai amonium conversion efficiency (ACE) dan nitrogen removal efficiency (NRE) optimal pada HRT 6 jam berturut-turut adalah 89% dan 72%, sedangkan nilai ACE dan NRE pada HRT 3 jam berturut-turut adalah 87% dan 74,62%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penyisihan nitrogen dapat dioptimalisasi dengan menggunakan bakteri anammox yang dikultivasi dari daerah tropis dan media lekat sedotan plastik pada reaktor UASB. Kemudian didapatkan penyisihan nitrogen rata-rata pada ketinggian 1/3 reaktor (8 cm) adalah sebesar 60%, lalu pada ketinggian 2/3 reaktor (16 cm) sebesar 30% dan pada bagian atas atau ketinggian 24 cm didapatkan penyisihan sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng ZULKARNAINI
Uncontrolled Keywords: Anammox, Penyisihan nitrogen, Sedotan plastik.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 21 Dec 2021 06:39
Last Modified: 21 Dec 2021 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96351

Actions (login required)

View Item View Item