PERAN ORGANISASI MASYARAKAT KATOLIK DI KOTA PADANG DALAM MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA PASCA PERUBAHAN UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2017 TENTANG ORGANISASI MASYARAKAT

Riris, Karlina Simbolon (2021) PERAN ORGANISASI MASYARAKAT KATOLIK DI KOTA PADANG DALAM MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA PASCA PERUBAHAN UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2017 TENTANG ORGANISASI MASYARAKAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Cover Image

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAb I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Organisasi Masyarakat Katolik mengambil peran dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kota Padang. Pada Pasal 21 huruf c Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat, Organisasi Masyarakat berkewajiban “Memelihara nilai agama, budaya, moral, etika, dan norma kesusilaan serta memberikan manfaat untuk masyarakat” dan juga di huruf d “Menjaga ketertiban umum dan terciptanya kedaiman dalam masyarakat”. Adapun rumasan masalah dalam skripsi ini yaitu Pertama, bagaimana peran Organisasi Masyarakat Katolik didalam menjaga kerukunan umat beragama pasca perubahan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat di Kota Padang. Kedua, apa saja kendala dan tantangan yang dihadapi Organisasi Masyarakat Katolik didalam menjaga kerukunan umat beragama pasca perubahan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum yuridis empiris. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Masyarakat Katolik ikut serta dalam menjaga kerukunan umat bergama di Kota Padang, dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menjalin hubungan antar umat beragam di Kota padang. Organisasi Masyarakat Katolik merasa sudah menjalankan kewajibannya, sesuai dengan tujuan Organisasi Masyarakat Katolik, dan berdasarkan visi dan misi, sudah mengacu kepada, pemeliharaan nilai agama, budaya, moral, etika, dan norma kesusilaan serta memberikan manfaat untuk masyarakat. Kendala bagi Organisasi Masyarakat Katolik adalah pemerintah masih belum sepenuhnya memberikan perhatian kepada Organisasi Masyarakat Katolik, dan juga masyarakat belum sepenuhnya terbuka kepada Organisasi Masyarakat Katolik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Arfiani, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:04
Last Modified: 20 Dec 2021 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96273

Actions (login required)

View Item View Item