PEMANFAATAN Dolichoderus thoracicus Smith ( Hymenoptera: Formicidae ) SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAYATI Helopeltis sp. HAMA UTAMA PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobroma Cacao L.)

Fajri, Fajri Kurniawan (2021) PEMANFAATAN Dolichoderus thoracicus Smith ( Hymenoptera: Formicidae ) SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAYATI Helopeltis sp. HAMA UTAMA PADA PERKEBUNAN KAKAO (Theobroma Cacao L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. SKRISPI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Helopeltis sp. merupakan salah satu hama utama pada tanaman perkebunan kakao. Serangan Helopeltis sp. dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar dan terjadinya kegagalan usaha tani kakao terutama pada kebun yang tidak dikelola dengan baik. Salah satu upaya pengendalian Helopeltis sp. dapat dilakukan dengan memanfaatkan Dolichoderus thoracicus Smith, pergerakan dan aktivitas serangga ini dapat menghambat serangan Helopeltis sp. pada buah kakao. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah sarang D. thoracicus Smith yang efektif untuk mengendalikan Helopeltis sp. pada perkebunan kakao. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan 6 ulangan. Hasil pengamatan menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh peletakkan sarang buatan D. thoracicus Smith pada masing-masing perlakuan. Pada tanaman kakao yang tidak terdapat sarang buatan didapatkan intensitas yaitu 60%, tanaman kakao dengan perlakuan satu sarang buatan 61,87%, perlakuan dengan dua sarang buatan 56,07% dan perlakuan dengan tiga sarang buatan 55,67%, yang merupakan intensitas terendah. Jadi jumlah sarang yang efektif untuk mengendalikan hama Helopeltis sp. adalah sebanyak tiga sarang buatan pertanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Dolichoderus thoracicus Smith, Helopeltis sp. Intensitas, Kakao.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:49
Last Modified: 15 Dec 2021 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96246

Actions (login required)

View Item View Item