Perancangan Sistem Pemvakuman untuk Pendinginan Ruang Transformator 60 MVA 150 kV

Diki, Zuhury (2021) Perancangan Sistem Pemvakuman untuk Pendinginan Ruang Transformator 60 MVA 150 kV. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan analisis terhadap perancangan sistem pemvakuman ruang pendinginan transformator 60 MVA 150 kV. Ruang pendingin transformator di hampakan sampai dengan tekanan 0,001 kPa. Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya gelembung-gelembung gas, menghindari pengembunan dan mensterilkan ruang transformator sebelum pengisian cairan pendingin. Untuk itu dibutuhkanlah pompa vakum dan perlengkapan lainnya yang disebut dengan sistem pemvakuman. Agar sistem pemvakuman sesuai dengan yang diharapkan maka dibutuhkan analisis. Analisis ini meliputi kerja yang dibutuhkan sistem, waktu pemvakuman dan energi listrik. Rancangan yang akan digunakan menggunakan pompa rotari dan pompa root dengan memvariasikan banyak pompanya dengan 2 pompa, 3 pompa dan 4 pompa. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kerja yang harus dilakukan rancangan paling besar dan waktu pemvakuman yang sedikit terdapat pada rancangan yang menggunakan 2 pompa dengan nilai 2860,38 Kj dan 39,31 jam. Sedangkan energi listrik yang efektif terdapat pada rancangan yang menggunakan 3 pompa. Dapat disimpulkan bahwa rancangan yang efektif terdapat pada rancangan dengan menggunakan 3 pompa. Dari pengujian yang dilakukan dilapangan untuk rancangan 3 pompa terdapat perbedaan 5,3 jam dan 38,31 kWh dibandingkan dengan pengujian secara teoritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. BENNY DWIKA LEONANDA, MT.
Uncontrolled Keywords: Ruang pendinginan transformator, tekanan, rancangan sistem pemvakuman, kerja yang akan dilakukan pompa, waktu pemvakuman, energi listrik.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 15 Dec 2021 05:03
Last Modified: 15 Dec 2021 05:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96244

Actions (login required)

View Item View Item