A SEMIOTIC ANALYSIS OF MALE BODY TREATMENT PRODUCT ADVERTISEMENTS AS FOUND IN INTERNET

ZULDIANOF, ZULDIANOF (2014) A SEMIOTIC ANALYSIS OF MALE BODY TREATMENT PRODUCT ADVERTISEMENTS AS FOUND IN INTERNET. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201501181342th_zuldianof 07185058.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

Skripsi ini adalah sebuah analisis semiotika dari iklan produk perawatan tubuh pria yang ditemukan di internet. Tanda ditransformasikan kepada penentu signifikasi yang dirumuskan oleh Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna denotasi dan konotasi dari tanda linguistik dan non linguistik yang terdapat dalam data. Analisis dilakukan melalui tinjauan kajian semiotik. Data merupakan 8 buah iklan yang diambil dari internet berdasarkan tiga kriteria, yaitu memiliki tanda linguistik dan non linguistik, merupakan produk perawatan tubuh yang awalnya hanya mengeluarkan varian produk untuk konsumen wanita, dan beberapa waktu belakangan mulai mengeluarkan varian produk khusus untuk konsumen pria. Iklan-iklan tersebut dikelompokkan tanda linguistik dan tanda non linguistiknya. Selanjutnya, analisis dilakukan dengan menggunakan teori tingkatan penandaan oleh Barthes, sehingga ditemukan makna konotasi dan denotasinya. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan produk-produk tersebut adalah metode observasional yang tidak melibatkan peneliti secara langsung (non participant observational method). Kemudian, analisis dilakukan dengan menggunakan metode padan (referential), serta hasilnya disajikan dalam bentuk informal dan formal. Dari hasil analisis diketahui bahwa para pembuat iklan produk perawatan tubuh berupaya membentuk citra baru, di mana selama ini produk mereka yang dikenal sebagai produk perawatan tubuh khusus wanita yang identik dengan kecantikan dan sifat keibuan, kini juga menyediakan variasi produk yang khusus digunakan oleh kaum pria yang sering diasosiasikan dengan kekuatan, keberanian, dan kebapakan. Melalui penggunaan tanda lingual yang didukung oleh tanda non lingual, pembuat iklan membangun citra maskulin terhadap produk perawatan tubuh yang sebenarnya untuk tujuan kecantikan. Kamuflase tercipta dengan membentuk opini publik bahwa produk perawatan tubuh juga dibutuhkan oleh kaum pria untuk menunjang penampilan dan aktivitasnya. Kata kunci : tanda linguistik, tanda non linguistik, tingkatan penandaan, produk perawatan tubuh pria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 25 May 2016 10:34
Last Modified: 25 May 2016 10:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/9619

Actions (login required)

View Item View Item