Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Overaktifitas Kandung Kemih pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Rizki, Aprilia Biwarno (2021) Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Overaktifitas Kandung Kemih pada Mahasiswi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Overaktifitas kandung kemih adalah kumpulan gejala pada kandung kemih yang terdiri dari urgensi, frekuensi, dan nokturia dengan atau tanpa inkontinensia urin, serta ditandai dengan tidak adanya proses patologi yang jelas, seperti infeksi saluran kemih. Salah satu faktor risiko terjadinya overaktifitas kandung kemih adalah stres. Gejala overaktifitas kandung kemih dan stres sama-sama dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan kejadian overaktifitas kandung kemih. Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada September 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 201 mahasiswi. Instrumen yang digunakan berupa kuesionar OABSS dan DASS-42 skala stres, kemudian dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil dari penelitian ini adalah 72,6% responden memiliki gejala-gejala overaktifitas kandung kemih, lebih dari setengah responden mengalami stres dengan tingkat stres terbanyak adalah stres berat, dan didapatkan hasil yang signifikan antara tingkat stres dan kejadian overaktifitas kandung kemih (p = 0,005). Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswi pendidikan dokter mengalami overaktifitas kandung kemih dan stres serta terdapat hubungan bermakna antara tingkat stres dan kejadian overaktifitas kandung kemih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Bobby Indra Utama, Sp.OG(K)
Uncontrolled Keywords: Overaktifitas kandung kemih, stres, mahasiswi, pendidikan dokter
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Dec 2021 08:06
Last Modified: 13 Dec 2021 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96173

Actions (login required)

View Item View Item