HUBUNGAN ASSESSMENT OF DIFFERENT NEOPLASIAS IN THE ADNEXA MODEL DENGAN TIPE HISTOLOGI KANKER EPITEL OVARIUM DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Nadhifa, Andiya Murfi (2021) HUBUNGAN ASSESSMENT OF DIFFERENT NEOPLASIAS IN THE ADNEXA MODEL DENGAN TIPE HISTOLOGI KANKER EPITEL OVARIUM DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker ovarium merupakan kanker ginekologi ke-3 paling sering terjadi pada wanita, dengan 90% kasus dimiliki oleh kanker epitel ovarium. Studi terbaru kurman dan shih telah membagi kanker epitel ovarium menjadi dua kelompok besar yaitu epitel tipe I dan II. Angka mortalitas yang cenderung tinggi, dan belum ditemukannya modalitas diagnostik preoperatif yang tepat sehingga pasien sering terdiagnosis pada stadium lanjut. International Ovarian Tumour Analysis (IOTA) mengembangkan model penilaian baru yaitu Assessment of Different Neoplasia in the Adnexa (ADNEX) Model dengan metode penilaian kombinasi prediktor klinis dan ultrasound. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ADNEX Model dengan tipe histologi kanker epitel ovarium di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilakukan di bagian rekam medis RSUP Dr. M. Djamil Padang menggunakan data rekam medis pasien kanker epitel ovarium periode Januari 2019 sampai Juli 2021. Subjek penelitian ini adalah 34 pasien kanker epitel ovarium yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 28 pasien epitel tipe I dan 6 pasien epitel tipe II. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Penelitian ini mendapatkan rerata skor ADNEX Model pada epitel tipe I adalah 91,68±15,05 dan tipe II adalah 97,32±3,76, dengan nilai p=0,049 (p<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara ADNEX Model dengan tipe histologi kanker epitel ovarium di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Oleh karena itu, dalam aplikasi klinis hasil tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan prioritas tatalaksana sekaligus acuan dalam menentukan prognosis atau persentase angka ketahanan hidup 5 tahun bagi pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Tofrizal, Sp.PA, M.Biomed, Ph.D
Uncontrolled Keywords: ADNEX Model, Epitel Tipe I dan II, Kanker Epitel Ovarium.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:02
Last Modified: 10 Dec 2021 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96151

Actions (login required)

View Item View Item