PERANCANGAN SISTEM ON/OFF PADA KURSI RODA EOG UNTUK MENGHINDARI KESALAHAN NAVIGASI AKIBAT MATA LELAH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN

Farhatul, Fityah (2021) PERANCANGAN SISTEM ON/OFF PADA KURSI RODA EOG UNTUK MENGHINDARI KESALAHAN NAVIGASI AKIBAT MATA LELAH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SARAF TIRUAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Farhatul Fityah_Laporan Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi sangat membantu kehidupan manusia, terutama bagi penyandang disabilitas yang kesulitan dalam mobilisasi. Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk membantu mobilisasi penyandang disabilitas adalah kursi roda. Dalam kasus ini, dilakukan inovasi operasi kursi roda menggunakan sinyal otak atau sinyal mata dikarenakan kedua hal tersebut tidak terpengaruh oleh cacat fisik. Electrooculography digunakan untuk mendeteksi sinyal mata. Sinyal ini sangat sensitif terhadap pergerakan mata, sehingga dalam implementasinya mata harus fokus untuk menghasilkan sistem yang optimal. Penggunaan mata secara fokus secara terus-menerus dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Maka dari itu, dirancang sebuah sistem ON/OFF pada kursi roda EOG untuk menghindari kesalahan navigasi akibat mata lelah dengan menggunakan metode Jaringan Saraf Tiruan (JST) untuk klasifikasi datanya. Sistem ON/OFF kursi roda akan dikendalikan menggunakan input sinyal kedip sadar, sedangkan arah gerak kursi roda dioperasikan berdasarkan sinyal lirikan mata. Klasifikasi JST yang dibuat akan menjadi input sistem ON/OFF, memiliki input data kedipan yang terdiri dari data kedip sadar dan kedip tidak sadar. Pelatihan jaringan menghasilkan akurasi 99,58% dan pengujian jaringan menghasilkan akurasi 97% untuk JST dengan 4 neuron input, 12 neuron hidden layer, dan 1 neuron output. Sinyal lirikan mata untuk arah operasi kursi roda dibedakan berdasarkan polaritas, yang didapat setelah sinyal melalui threshold dengan nilai 0,2. Program keseluruhan dibuat pada perangkat lunak Labview, lalu dihubungkan dengan perangkat keras EOG. Sistem yang telah dibuat akan diuji untuk melihat akurasi performa sistem, hasil akurasi pengujian sistem kursi roda dengan melihat arah perputaran roda adalah 93,33%. Hasil pengujian keseluruhan yang dilakukan dengan menguji sistem ON/OFF dan tanpa ON/OFF didapatkan kesimpulan bahwa sistem dengan ON/OFF memiliki kelebihan untuk mata lebih leluasa dalam melihat objek lain saat mengoperasikan kursi roda daripada sistem tanpa ON/OFF. Kata Kunci : Electrooculography, kursi roda, sinyal mata, JST, pembelajaran terarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:02
Last Modified: 07 Dec 2021 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96072

Actions (login required)

View Item View Item