KAJIAN SEBARAN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8 DI DAERAH IRIGASI BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Rijal, Budiman (2020) KAJIAN SEBARAN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH MENGGUNAKAN DATA CITRA LANDSAT 8 DI DAERAH IRIGASI BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img] Text (thesis fulltext)
Thesis Full Text_Rijal Budiman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Irigasi skala besar pada umumnya memiliki ketersediaan air cenderung tidak merata dari hulu, tengah dan hilir, sehingga akan mempengaruhi produktivitas tanaman padi. Daerah irigasi Batang Anai merupakan irigasi skala besar dengan luas daerah layanan 13.604 ha tentu membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tinggi untuk melakukan perhitungan produktivitas secara manual. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan untuk mendukung perhitungan produktivitas padi adalah dengan memanfaatkan algoritma nilai Normalized Difference Vegetation Indeks (NDVI) dan Enhanched Vegetation Indeks (EVI) dari analisis citra Landsat 8 selama enam tahun. Melalui identifikasi umur tanaman padi dapat diketahui pola tanam sehingga waktu panen dapat ditentukan, dari Nilai NDVI dan EVI pada saat akan panen atau padi berumur 14-16 MST dijadikan acuan untuk pendugaan produktivitas yang dikorelasikan dengan produktivitas data ubinan, didapatkan hubungan negatif dengan nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,8856. Persamaan regresi yang didapatkan y = -9,4514x + 10,467, dengan nilai simpangan tertinggi 10,86 % atau 0,61 ton, sedangkan yang terkecil yaitu 1,45 % atau 0,07 ton. Sebaran produktivitas padi berdasarkan nilai NDVI di daerah irigasi Batang Anai dibagi menjadi tiga kawasan yaitu hulu sebesar 6,45 ton/ha GKP, tengah sebesar 6,46 ton/ha GKP, dan hilir sebesar 5,42 ton/ha GKP.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ir Eri. Gas Ekaputra, MS Prof.Dr.Ir. Isril Berd, SU
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, Ubinan, Remote Sensing, Landsat 8, NDVI dan EVI
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik pertanian
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:49
Last Modified: 03 Dec 2021 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96036

Actions (login required)

View Item View Item