SISTEM PEMBAYARAN SELF SERVICE LAUNDRY MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION ( NFC ) DAN SENSOR LOADCELL BERBASIS MIKROKONTROLER

Melia, Amalia (2021) SISTEM PEMBAYARAN SELF SERVICE LAUNDRY MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION ( NFC ) DAN SENSOR LOADCELL BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI FULL .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beberapa usaha laundry saat ini masih menggunakan sistem manual seperti dalam proses pembayaran atau transaksi dan penimbangan pakaian laundry sehingga diperlukan sistem yang lebih efisien dan dapat menghindari beberapa masalah yang sering terjadi dalam penggunaan jasa laundry. Salah satunya dengan merancang sistem pembayaran laundry menggunakan teknologi near field communication (NFC) dan sensor loadcell dengan menerapkan sistem laundry self service. Pada sistem ini digunakan sensor loadcell untuk mendeteksi berat pakaian untuk mengetahui kapasitas mesin cuci yang dapat digunakan, selanjutnya melakukan pembayaran menggunakan NFC yang sudah terdapat id dan informasi lainnya. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa Sistem dapat menentukan harga laundry berdasarkan harga dari mesin yang akan digunakan melalui berat pakaian yang diukur menggunakan sensor loadcell. Sistem dapat membaca NFC Tag yang berisi ID pelanggan ketika melakukan scan NFC dengan jarak 1-2 cm. Sistem dapat melakukan pembayaran dengan melakukan scan NFC dan data transaksi dapat disimpan dan di update ke database dan history pembayaran ditampilkan pada halaman web pembayaran laundry self service dengan tingkat keberhasilan 100 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ratna Aisuwarya, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembayaran, Sensor Loadccell, Near Field Communication (NFC), Database.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 01 Dec 2021 08:29
Last Modified: 01 Dec 2021 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96022

Actions (login required)

View Item View Item