Pengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan indikator pembangunan pendidikan menggunakan metode subtractive fuzzy c-means

Dina, Maulidya (2021) Pengelompokan provinsi di Indonesia berdasarkan indikator pembangunan pendidikan menggunakan metode subtractive fuzzy c-means. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi full text)
watermark skripsi dina maulidya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
cover abstrak.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tujuan utama dalam rencana pembangunan di Indonesia. Pembangunan pendidikan diukur dengan indikator-indikator terkait pendidikan. Ketercapaian pembangunan pendidikan setiap provinsi di Indonesia berbeda sehingga dengan cara mengelompokkan provinsi- provinsi tersebut berdasarkan kemiripan indikator yang tercapai dapat memudahkan pemerintah memberikan program peningkatan pembangunan pendidikan. Indikator pembangunan pendidikan yang digunakan dalam pengelompokan adalah sarana dan prasarana pendidikan, sanitasi sekolah, partisipasi sekolah, dan angka putus sekolah. Metode yang digunakan adalah metode \textit{Subtractive Fuzzy C-Means}. Pengolahan data mengambil jari-jari yang beragam yaitu 1.00, 1.10, 1.20, 1.30, dan 1.50. Hasil indeks validitas klaster menunjukkan jari-jari 1.50 yang membentuk 2 klaster merupakan jumlah klaster terbaik. Jumlah keanggotaan klaster pertama sebanyak 20 provinsi. Provinsi-provinsi yang menjadi keanggotaannya tersebar di seluruh indonesia bagian barat kecuali Aceh. Kemudian sebahagian provinsi di Indonesia bagian tengah yaitu Pulau Kalimantan kecuali Kalimantan Tengah, Gorontalo pada Pulau Sulawesi dan Bali. Sedangkan jumlah provinsi yang masuk keanggotaan klaster kedua sebanyak 14 provinsi. Keanggotaannya tersebar pada provinsi-provinsi selain yang menjadi anggota klaster pertama. Berdasarkan karakteristik klaster, klaster kedua merupakan klaster terbaik dibanding klaster pertama. Kata Kunci : Pembangunan Pendidikan, Pengelompokan, Subtractive Fuzzy C-Means

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YUDIANTRI ASDI, M.Sc
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:24
Last Modified: 17 Feb 2022 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95988

Actions (login required)

View Item View Item