PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS) DAN KACANG MERAH (PHASEOLUS VULGARIS L) TERHADAP KARAKTERISTIK DAN MUTU DENDENG ANALOG

RAFIKA, AMIRA (2021) PENGARUH PERBANDINGAN JAMUR TIRAM (PLEUROTUS OSTREATUS) DAN KACANG MERAH (PHASEOLUS VULGARIS L) TERHADAP KARAKTERISTIK DAN MUTU DENDENG ANALOG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbandingan jamur tiram dan kacang merah terhadap karakteristik dan daya terima organoleptik dendeng analog yang dihasilkan, serta pengaruh perbandingan kesesuaian jamur tiram dan kacang merah dalam pembuatan dendeng analog. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu A (30% bubur kacang merah: 70% bubur jamur tiram), B (40% daging kacang merah: 60% bubur jamur tiram), C 50 % kacang merah: 50% bubur jamur tiram), D (60% bubur kacang merah 40% bubur jamur tiram), dan E (70% bubur kacang merah: 30% bubur jamur tiram). Perbandingan bubur jamur tiram dengan bubur kacang merah berpengaruh nyata terhadap kadar air, tekstur, dan nilai organoleptik dari segi rasa, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, daya serap air, daya serap minyak, dan nilai organoleptik dari segi aroma, warna, dan tekstur dendeng analog yang dihasilkan. Pada hasil uji kimia, fisik, dan organoleptik didapatkan produk yang paling baik adalah produk dendeng analog perlakuan E dengan perbandingan ampas jamur tiram terhadap ampas kacang merah (30% : 70%) dengan kadar air rata-rata 4,64%; kadar abu 0,46%; kandungan protein 15,69%; kadar lemak 3,49%; kandungan karbohidrat 75,71%; daya serap air 73,75%; Daya serap minyak 7,06%, tekstur 314,39 N/cm2 dan Organoleptik (rasa 3,44, aroma 3,88, warna 3,56, dan tekstur 3,84)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Fauzan Azima,MS
Uncontrolled Keywords: dendeng analog, jamur tiram, kacang merah, kualitas dendeng.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:02
Last Modified: 06 Jul 2022 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95900

Actions (login required)

View Item View Item